Pengembangan Bahan Ajar e-LKS Berbasis Realistic Mathematic Education untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII

Silvi, Khumairoh Luthfia (2022) Pengembangan Bahan Ajar e-LKS Berbasis Realistic Mathematic Education untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (843kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (690kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (317kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dilakukan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar e-LKS berbasis Realistic Mathematic Education untuk meningkatkan pemahaman konsep materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan menghasilkan bahan ajar e-LKS berbasis Realistic Mathematic Education untuk meningkatkan pemahaman konsep materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D)‘. Research and Development merupakan metode penelitian yang bertujuan menciptakan suatu produk dan menguji kelayakan produk tersebut‘. Langkah pengembangan penelitian ini mengacu pada model 4D Thiagarajan yang dimodifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-LKS berbasis Realistic Mathematic Education untuk meningkatkan pemahaman konsep materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yang mengacu pada model 4D yang dimodifikasi ini memiliki 3 tahap. Ketiga tahap tersebut adalah tahap define, design,dan development. Dengan menggunakan model tersebut bahan ajar dinyatakan telah layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan ini didasarkan pada uji kelayakan ahli materi yang mendapatkan skor 158 dengan rata-rata skor 79 dengan rentang skor 66,665 < X ̅ ≤ 79,995 masuk dalam kategori “Layak”. Uji kelayakan ahli media yang mendapatkan skor 169 dengan rata-rata skor 84,5 dengan rentang skor x ̅ > 79,995 masuk pada kategori “Sangat Layak”. Uji kelayakan dari pengguna pada uji coba awal yang mendapatkan skor 418 dengan rata-rata skor 83,6 dengan rentang skor x ̅ > 79,995 masuk pada kategori “Sangat Layak”. Uji kelayakan pada uji lapangan produk utama yang mendapatkan skor 2440 dengan rata-rata skor 81,3 dengan rentang skor x ̅ > 79,995 masuk pada kategori “Sangat Layak"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Matematika, e-LKS, Realistic Mathematic Eduaction, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:40
Last Modified: 29 Dec 2022 01:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8072

Actions (login required)

View Item View Item