Pengaruh Guided Inquiry Kombinasi Audio Visual Materi Sistem Ekskresi terhadap Keterampilan Proses Sains Kelas XI MIPA Peserta Didik MA Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Musdalifah, Musdalifah (2022) Pengaruh Guided Inquiry Kombinasi Audio Visual Materi Sistem Ekskresi terhadap Keterampilan Proses Sains Kelas XI MIPA Peserta Didik MA Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (354kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (854kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (763kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (667kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penerapan guided inquiry kombinasi media audio-visual pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA di MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2021/2022; 2) untuk mengetahui seberapa tingkat keterampilan proses sains peserta didik materi sistem ekskresi kelas XI MIPA di MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2021/2022; dan 3) untuk mengetahui tingkat pengaruh penggunaan guided inquiry kombinasi media audio-visual terhadap keterampilan proses sains pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA di MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini the matching only pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling yang berjumlah 88 peserta didik kelas XI MIPA yang terdiri XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 44 peserta didik dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol 44 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan soal tes (pre-test dan post-test), wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan model guided inquiry kombinasi audio visual pada materi sistem ekskresi dilakukan dengan empat pertemuan. Pertemuan pertama di awali dengan kegiatan apersepsi dan mengerjakan pre-test. Pertemuan kedua dan ketiga dengan kegiatan pendahuluan kemudian kegiatan sesuai dengan sintaks pada guided inquiry yang dikombinasi dengan media audio visual serta pembagian lembar kerja peserta didik (LKPD) sebagai panduan pembelajaran. Pertemuan terakhir adalah penarikan kesimpulan dari pertemuan sebelumnya, tanya jawab dilanjutkan dengan mengerjakan post-test. 2) Pencapaian nilai rata-rata setiap indikator pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan kategori sedang dengan niali N-gain < 0,70, pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebelum diberi perlakuan 25,43 dan setelah diberi perlakuan menjadi 70,89 yang berarti pada kriteria baik, sedangkan kelas kontrol sebelum diberi perlakuan pada rata-rata 19,46 setelah diberi perlakuan pada kriteria cukup 52,27; dan 3) Perbedaan hasil nilai rata-rata post-test kedua kelompok dengan hasil perhitungan uji Mann Whitney yang menunjukkan nilai sig. 0,000 < α 0,05 sehingga H0 ditolak Ha diterima yang berarti adanya pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen yang menerapkan guided inquiry dengan kombinasi media audio visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry, Audio Visual, Materi Sistem Ekskresi, Keterampilan Proses Sains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:05
Last Modified: 27 Jan 2023 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8187

Actions (login required)

View Item View Item