Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus

Mustaghfir, Muhammad Yusuf (2022) Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (752kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (665kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (422kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan kelas pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum jekulo Kudus, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian meliputi: kepala Sekolah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan peserta didik. Data diperoleh dari teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) pelaksanaan pengelolaan kelas pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII dibagi menjadi tujuh tahap yaitu. Tahap pertama guru menentukan kurikulum yaitu menggunakan kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan kurikulum nasional dari pemberintah pusat. Tahap kedua penyusunan RPP dan Silabus. Tahap ketiga menentukan metode pembelajaran yaitu menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi. Tahap keempat pengunaan media pembelajaran yaitu menggunakan LCD, laptop, papan tulis, spidol. Tahap kelima penilaian hasil belajar yaitu melalui pretest, evaluasi formatif, post test. Tahap keenam pelaksanaan pembelajaran yaitu guru membuka proses pembelajaran, guru meminta kepada peserta didik membaca dan membagikan materi tentang Dinasti Abbasiyah dan Ayubiyah, guru melakukan analisis dan evaluasi dan memberikan tanggapan, guru melakukan monitoring. Tahap ketujuh yaitu evaluasi guru dengan cara mengerjakan soal-soal yang ada di LKS. 2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII yaitu yang pertama faktor pendukung meliputi: latar belakang guru yang memadai, sarana dan prasarana yang memadai, adanya kegiatan realigi untuk mengenalkan pada peserta didik tentang sejarah tentang kebudayaan Islam. Kedua faktor penghambat meliputi: alokasi waktu yang diberikan pada siang hari, model dan metode pembelajaran yang dipakai saat kegiatan pembelajaran, semangat belajar peserta didik kurang, jenuh, dan malas mengumpulkan tugas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:52
Last Modified: 08 Feb 2023 01:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8367

Actions (login required)

View Item View Item