Pengaruh Kepedulian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MI Mamba’unnidhom Bulungan Pati Tahun Pelajaran 2021/2022

Fitriyana, Novi (2022) Pengaruh Kepedulian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MI Mamba’unnidhom Bulungan Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (902kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (689kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (530kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (887kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (365kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menguji pengaruh kepedulian orang tua terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA di kelas IV MI Mamba’unnidhom Bulungan Pati(2) Untuk menguji pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA di kelas IV MI Mamba’unnidhom Bulungan Pati(3) Untuk menguji pengaruh kepedulian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA di kelas IV MI mamba’unnidhom Bulungan Pati. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MI Mamba’unnidhom Bulungan Pati, yakni pada ruang lingkup kelas IV. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas IV A, B, C dan D sejumlah 90, kemudian diambil sampel 90 dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi linier sederhana dan regresi ganda serta korelasi linier sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kepedulian orang tua terhadap hasil belajar kognitif di MI Mamba’unnidhom Bulungan Pati. Kepedulian orang tua secara simultan memiliki hubungan yang positif dan tidak signifikan dengan hasil belajar kognitif sebesar 0,189 yang termasuk dalam kategori sangat rendah. 2) Terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif di MI Mamba’unnidhom Bulungan Pati, dengan persamaan regresi yaitu Ŷ = 32,505 + 0,288 X2. Motivasi belajar secara simultan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar kognitif sebesar 0,312 yang termasuk dalam kategori rendah dan dapat memberi kontribusi bagi peserta didik dalam mengembangkan hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 9,8 %. 3) Terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara kepedulian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif di MI Mamba’unnidhom Bulungan Pati, dengan persamaan regresi yaitu Ŷ = 26,270 + 0,15 X1 + 0,264 X2. Kepedulian orang tua dan motivasi belajar secara simultan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar kognitif sebesar 0,339 yang termasuk dalam kategori rendah dan dapat memberi kontribusi bagi peserta didik dalam mengembangkan hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 11,5 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepedulian Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:04
Last Modified: 14 Feb 2023 03:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8489

Actions (login required)

View Item View Item