Huda, Muhamad Syamsul (2022) Manajemen Evaluasi Pembelajaran Dengan Metode Evaluasi Cipp (Context, Input, Process, Product) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs NU Miftahul Ulum Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (701kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (608kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (717kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (971kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (747kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (932kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (488kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan Manajemen Evaluasi Pembelajaran Dengan Metode Evaluasi CIPP Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs NU Miftahul Ulum Kudus. 2) Untuk Mengetahui Hambatan-Hambatan Dalam Manajemen Evaluasi Pembelajaran Dengan Metode Evaluasi CIPP Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs NU Miftahul Ulum Kudus. 3) Untuk Mengetahui Hasil Belajar Setelah Diterapkan Evaluasi Pembelajaran Dengan Metode Evaluasi CIPP Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs NU Miftahul Ulum Kudus. Penelitian ini termasuk fenomenologis dengan pendekatan kualitatif. Strategi pengambilan sampel dengan meunggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) Manajemen Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran yang di laksanakan Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs NU Miftahul Ulum Kudus melalui langkah-langkah, Pertama, Planning. Kedua, Organizing. Ketiga, Actuating memilih evaluasi CIPP. Keempat, Controlling. 2) Hambatan-Hambatan Dalam Manajemen Evaluasi Pembelajaran Dengan Metode Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs NU Miftahul Ulum Kudus terdapat 3 hambatan yang ditemui pendidik yaitu terdapat perubahan kurikulum, terjadinya masa pandemi covid 19 dan terdapat perbedaan karakteristik peserta didik dari lulusan sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyyah. 3) Hasil belajar peserta didik setelah diterapkan evaluasi pembelajaran menggunakan metode CIPP (Contex, Input Process, Product) melalui 3 aspek, Kognitif (pengetahuan) dilaksanakan melalui tes tertulis dengan terdapat soal pilihan ganda dan essay dan melalui tes lisan, pengetahuan peserta didik dapat meningkat dengan baik ditandai dengan nilai yang diperoleh, afektif dilakukan melalui pengamatan dan hasil yang di dapatkan peserta didik mengalami peningkatan dalam aspek afektif ditandai dengan mampu memperhatikan dengan kondusif dan mampu merespon pendidik, psikomotorik dilaksanakan melalui pengamatan dan observasi hasil aspek psikomotorik peserta didik mengalami peningkatan ditandai dengan peserta didik mampu mengambil hikmah dan sikap dari para tokoh pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Evaluasi Pembelajaran, CIPP |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 03:32 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 03:32 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8592 |
Actions (login required)
View Item |