Analisis Kemampuan Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Statistika

Kistiana, Eka (2022) Analisis Kemampuan Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Statistika. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (571kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (444kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi abad 21 sekarang ini, menuntut sumber daya manusia termasuk generasi muda yaitu siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pendidikan merupakan salah satu bidang penting sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Adapun mata pelajaran yang memiliki peran utama dalam meningkatkan kemampuan siswa adalah matematika. Sementara materi matematika yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dan lebih dibutuhkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa yaitu statistika. Tujuan dalam penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XII Madrasah Aliyah dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi statistika yang ditinjau dari soal analisis, soal evaluasi, dan soal mencipta, (2) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa keliru dalam menyelesaikan soal, dan (3) untuk mengetahui strategi siswa dalam menyelesaikan soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 3 siswa yang dipilih berdasarkan kriteria mewakili siswa lainnya. Kriteria tersebut diantaranya satu siswa yang memiliki kemampuan tingkat tinggi, satu siswa memiliki kemampuan tingkat sedang, dan satu siswa memiliki kemampuan tingkat rendah. Pengelompokan kriteria tersebut yaitu berdasarkan perhitungan standar deviasi dari hasil tes tertulis siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain tes tertulis, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan tingkat tinggi mampu memenuhi seluruh kategori dalam indikator menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Siswa yang memiliki kemampuan tingkat sedang mampu memenuhi seluruh kategori dalam indikator menganalisis, akan tetapi belum mampu memenuhi kategori memeriksa dalam indikator mengevaluasi dan kategori memproduksi dalam indikator mencipta. Sementara siswa yang memiliki kemampuan tingkat rendah, belum mampu memenuhi seluruh kategori dalam indikator menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa keliru dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi statistika antara lain: siswa belum pernah menyelesaikan soal tipe HOTS khususnya materi statistika, kurang pahamnya siswa terhadap soal, kurang teliti dalam perhitungan, kurang konsentrasi saat proses pengerjaan soal dan belum mampu menerapkan rumus dengan benar. Strategi siswa yang memiliki kemampuan tingkat tinggi dan sedang dalam menyelesaikan soal HOTS yaitu dengan menggunakan tahapan pemecahan masalah menurut Polya. Sementara strategi siswa yang memiliki kemampuan tingkat rendah yaitu dengan langsung menerapkan rumus tanpa menuliskan yang diketahui dan yang ditanyakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Siswa, HOTS (Higher Order Thinking Skills), Statistika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:21
Last Modified: 21 Feb 2023 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8622

Actions (login required)

View Item View Item