RISTIYANA, SRI FARIDA (2022) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di mi anwarul mursyidin rembang. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (361kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (387kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (380kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (598kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (321kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (639kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (587kB) |
|
Text
9. BAB VI.pdf Download (291kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (347kB) |
Abstract
Kepala Madrasah merupakan salah satu bagian pendidikan yang paling berperan di dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagaimana tertuang dalam PMA Nomor 57 Tahun 2017 pasal 3 bagian kedua disebutkan bahwa tugas kepala madrasah adalah Kepala Madrasah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 melaksanakan tugas manajerial, mengembangkan kewirausahaan, dan melakukan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, supaya lembaga madrasahnya bisa mencapai tingkatan mutu pendidikan yang bagus, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Hal ini disebabkan bahwa mutu pendidikan merupakan indikator untuk melihat produktifitas sebuah lembaga pendidikan dan manajemen lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana gaya komunikasi kepemimpinan dan mutu pendidikan di MI Anwarul Mursyidin Rembang, bagaimana gaya komunikasi kepemimpinan di MI Anwarul Mursyidin Rembang dalam meningkatkan mutu pendidik serta apa saja yang menjadi faktor penghambat dan juga faktor yang mendukung atas kepimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dikarenkan mempermudah dalam memahami paparan data yang telah dijelaskan karena tersusun secara akurat dan sistematis. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah verifikasi data atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni gaya komunikasi yang digunakan kepala MI Anwarul Mursyidin dalam menjalin hubungan dengan stakeholder adalah the Equalitarian style dan gaya kepemimpinannya menggunakan gaya demokratis. Gaya komunikasi kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan antara lain : a) Dengan melakukan komunikasi yang efektif kepada semua pihak , b) Melakukan kepemimpinan yang kreatif. c). Mempunyai komitmen dan kepercayaan diri yang kuat. d). Mengidentifikasi bawahan dalam hal bakat dan kemampuan yang dimiliki. e) Memiliki program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. f). Memberikan pekerjaan kepada orang yang di anggap mampu dan dipercaya untuk melaksanakannya. g). Meningkatkan kualitas guru dan menganggap guru sebagai mitra kerja. h). Menganut teori edward Sallis bahwa suatu lembaga pendidikan akan potensial memiliki keunggulan (kualitas) apabila mampu menciptakan dan menawarkan nilai lebih kepada pelanggan. Faktor pendukungnya adalah Kepala Madrasah, Guru, dan dukungan Penyelenggara pendidikan. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya pemahaman siswa dan orang tua tentang mutu pendidikan, sarana prasarana yang kurang lengkap, dan dana untuk menunjang terlaksananya pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 06:43 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 06:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8715 |
Actions (login required)
View Item |