Nisa, Zumrotun (2022) Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Intelektual Muslim Siswa MAN 01 Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (770kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (353kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (326kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (411kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (547kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (401kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (560kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (375kB) |
|
Text
09. BAB VI.pdf Download (329kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menemukan dan mendeskripsikan perencanaaa pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karater intelektual muslim siswa di MAN 01 Kudus; (2) Untuk menemukan dan mendeskripsikan implementasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karater intelektual muslim siswa di MAN 01 Kudus; dan (3) Untuk menemukan dan mendeskripsikan evaluasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter intelektual muslim siswa di MAN 01 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diukur dengan uji kredibilitas data meliputi: perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi, selanjutnya uji transferability, uji dependability dan uji confirmability. Analisis data meliputi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan: 1). perencanaan manajemen kurikulum di MAN 01 Kudus mencakup kegiatan analisis kebutuhan kurikulum, perumusan tujuan dan desain kurikulum. 2). Pelaksanaan manajemen kurikulum di MAN 01 Kudus meliputi proses pelaksanaan tingkat sekolah dan pelaksanaan tingkat kelas.memperioritaskan input seleksi, guru proesional serta siswa berprestasi , karate intelektual muslim, inovasi kurikulum, kontribusi di tengah masyarakat, sebelum pandemik dilaksanakan dengan antifitas normal dan kegiatan pembelajaran tatap muka di madrasah. Kemudian pelaksanaan kurikulum selama pandemic COVID-19 dilaksanakan secara daring penuh. 3). Evaluasi manajemen kurikulum di MAN 01 Kudus meliputi kegiatan penentuan model evaluasi bulanan dan evaluasi program kerja tahunan dengan tahapan menganalisis program yang sudah ada, pemantauan dan pengawasan dan membuat laporan tertulis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kurikulum, Pendidikan, Karakter Intelektual. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 03:07 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 03:07 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8867 |
Actions (login required)
View Item |