Pramesti, Rimbi Ayu (2022) Pengaruh Penerapan Model Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Penjumlahan Pecahan Kelas IV di MI Al Islam Mijen Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (504kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (598kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (461kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (748kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (364kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan penyelesaian soal cerita penjumlahan pecahan kelas IV di MI Al Islam Mijen Demak, 2) Mengetahui perbedaan kemampuan penyelesaian soal cerita penjumlahan pecahan kelas kontrol dan eksperimen, 3) Mengetahui pengaruh penerapan model RME terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita penjumlahan pecahan di kelas eksperimen. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimental design dengan populasi peserta didik kelas IV MI Al Islam Mijen Demak. Sampel penelitian berjumlah 48 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan tes, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis data menggunakan analisis uji t. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kemampuan penyelesaian soal cerita penjumlahan pecahan kelas kontrol dan eksperimen termasuk kategori sedang. Kedua, nilai rata-rata pretest kelas kontrol 44,17, kelas eksperimen 48,83, selisih 4,66 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,072 > 0,05 = tidak signifikan. Ketiga, nilai rata-rata posttest kelas kontrol 45,83, kelas eksperimen 65,17, selisih 19,34 dengan nilai Sig. (2 t-tailed) 0,000 < 0,05 = signifikan. Keempat, pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest 44,17, posttest 45,83, selisih 1,66 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,162 > 0,05, = tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Kelima, pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest 48,83, posttest 65,17, selisih 16,34 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, = ada perbedaan yang signifikan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa, hipotesis ada perbedaan signifikansi dengan perlakuan model RME untuk menyelesaikan soal cerita matematika materi penjumlahan pecahan terbukti signifikan kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Realistic Mathematics Education, Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita, Penjumlahan Pecahan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 02:28 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 02:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8889 |
Actions (login required)
View Item |