Asrori, Muhammad (2022) Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Kegiatan Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Negeri 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (923kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (262kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (349kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (563kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (284kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (479kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (258kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari peneliti adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya wawancara (dengan jumlah informan 6 yang terdiri dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Mapel Akidah Akhlak dan 3 Peserta Didik), observasi dan dokumentasi. Kemudian di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan data pada implementasi metode Mind Mapping dalam kegiatan pembelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Negeri 1 Kudus menggunakan beberapa cara yaitu uji kedibilitas, triangulasi sumber, teknik, waktu dan penggunaan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Mind Mapping dalam kegiatan pembelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Negeri 1 Kudus diawali dengan pembuatan peta pikiran. Pelaksanaan Mind Mapping bertujuan untuk menjadikan pembelajaran aktif dan kreatif sehingga peserta didik lebih mudah memahami terkait materi adab membaca Al-Qur’an dan Berdo’a Faktor pendukung pelaksanaan metode Mind Mapping dalam kegiatan pembelajaran akidah akhlak berlangsung Pertama, tersedianya buku, LKS, bolpoint, penggaris, spidol warna, kertas HVS dan papan tulis. Kedua, menyelenggarakan pelatihan dan musyawarah guru mata pelajaran. Ketiga, dengan pelatihan yang diadakan oleh kepala sekolah, guru lebih menguasai metode pembelajaran yang baru dan lebih menguasai metode yang diterapkan. Faktor penghambat dari penerapan metode Mind Mapping berlangsung. Pertama, kurangnya jam pembelajaran menyebabkan tidak semua kelompok Mind Mapping bisa mempresentasikan hasilnya serta kurang untuk menikmati pembelajarannya. Kedua, kurang ketertarikan mata pelajaran akidah akhlak. Adapun Solusi dari faktor penghambat Pertama, guru harus mengganti kelompok yang presentasi setiap jam pelajaran sehingga guru mengetahui kemampuan peserta didik dan dapat menikmati pembelajarannya. Kedua, guru memiliki sikap yang tegas dan menjaga kedekatan serta memberikan motivasi tentang pentingnya akidah akhlak. Metode Mind Mapping merupakan suatu metode pengembangan untuk menerima informasi atau materi dengan menggunakan teknik catatan berupa citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk kesan. Maka dari itu, sangat disarankan bagi semua guru untuk menggunakan metode Mind Mapping agar peserta didik mudah untuk menerima informasi dan memahami materi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Mind Mapping, Pembelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 02:39 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 02:39 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8892 |
Actions (login required)
View Item |