Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri Sidomukti 02 Margoyoso Pati

Mahanani, Sinta (2022) Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri Sidomukti 02 Margoyoso Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (576kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (561kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (245kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan media pembelajaran pop-up book berbasis kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas III SD Negeri Sidomukti 02 Margoyoso Pati dan 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menerapkan media pembelajaran pop-up book berbasis kontekstual kelas III SD Negeri Sidomukti 02 Margoyoso Pati. Jenis penelitian yang digunakan yaitu field research/penelitian lapangan dengan metode penelitiannya yaitu metode kuantitatif eksperimental dan desain penelitian One-Group Pretest – Postest Design. Penelitian ini hanya memiliki one classes yang akan diberikan pretest dan postest, pretest diujikan sebelum diberikannya perlakuan dan postest diujikan setelah diberikannya perlakuan. Populasi yang diambil yaitu kelas III SD Negeri Sidomukti 02 Margoyoso Pati, dengan jumlah sampelnya 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa dan 9 siswi. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan beberapa teknik pengumpulan data yakni tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu jenis tes tertulis soal pilihan ganda sejumlah 15 butir soal yang diberikan pada pretest (pra pembelajaran) dan postest (diakhir pembelajaran). Teknik analisis data yang digunakan yaitu ada 3 analisis, 1) analisis pendahuluan, yang terdiri dari 2 pengujian data: a) uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan b) uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic, 2) analisis hipotesis menggunakan uji-T Paired Samples Test, dan 3) analisis lanjutan. Hasil penelitian yang di dapatkan, melalui penerapan media pembelajaran pop-up book berbasis kontesktual pada pelajaran bahasa Indonesia, siswa sangat berantusias dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran, siswa menjadi aktif bertanya, memberikan pendapat dalam diskusi, serta memberikan sanggahan. Kemudian semangat dalam belajar dan tidak mengalami kejenuhan mengikuti pembelajaran dikarenakan media dibuat dengan semenarik mungkin. Hasil belajar siswa diketahui terdapat peningkatan hasil belajar yang dibuktikan dari hasil analisis uji-T diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,754 > 2,09302 dengan nilai signifikan < 0.05 yaitu .000 < 0.05, yaitu menerima Ha yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menerapkan media pembelajaran pop-up book berbasis kontekstual kelas III SD Negeri Sidomukti 02 Margoyoso Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pop-Up Book, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:54
Last Modified: 07 Mar 2023 02:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8929

Actions (login required)

View Item View Item