The Use Of Non-Verbal Communication To Improve Introvert Students' Speaking Ability In Ma Mazro'atul Huda Wonorenggo Demak

Hidayah, Nuril (2022) The Use Of Non-Verbal Communication To Improve Introvert Students' Speaking Ability In Ma Mazro'atul Huda Wonorenggo Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (369kB)
[img] Text
3. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (448kB)
[img] Text
4. CHAPTER I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
5. CHAPTER II.pdf

Download (653kB)
[img] Text
6. CHAPTER III.pdf

Download (560kB)
[img] Text
7. CHAPTER IV.pdf

Download (773kB)
[img] Text
8. CHAPTER V.pdf

Download (458kB)
[img] Text
9. REFERENCES.pdf

Download (455kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan problema-problema yang dialami oleh siswa introvert dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris, untuk mengungkap jenis-jenis komunikasi non-verbal yang sering digunakan oleh guru bahasa Inggris, mengeksplor problema-problema yang dihadapi oleh siswa introvert dalam kemampuan berbicara, dan untuk mengungkap bagaimana guru Bahasa Inggris menggunakan komunikasi non-verbal dalam mengembangkan kemampuan berbicara bahasa inggris siswa introvert secara efektif. Peneliti menyadari bahwa problema yang paling umum menghambat siswa dalam performa berbicara adalah kepribadian. Oleh karena itu, komunikasi non-verbal merupakan strategi yang penting dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa, terutama bagi siswa introvert. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang dibarengi dengan pendekatan case study. Subyek penelitian diambil dari murid kelas sepuluh dari MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk pemerolehan data yang mana bertujuan untuk menemukan jenis-jenis komunikasi non-verbal yang paling banyak digunakan oleh guru Bahasa Inggris dan motivasi para siswa. Hasil penelitian ini menujukkan ada lima jenis non-verbal yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris yakni gerak tubuh, ekpresi wajah, kontak mata, sentuhan, dan suara. Penelitian ini juga menemukan dua problema yang dihadapi oleh siswa introvert dalam performa berbicara meliputi kecemasan dan partisipasi dalam berbicara. Adapun, penelitian ini juga menemukan implementasi komunikasi non-verbal dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa introvert yang meliputi gerak tubuh guru mendorong siswa dalam memahami materi pembelajaran, wajah ceria guru menciptakan antusiasme, kontak mata guru mendorong atensi dan motivasi siswa, dan sentuhan guru menunjukkan kepedulian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Non-verbal, Siswa Introvert, Kemampuan Berbicara
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi

300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:13
Last Modified: 07 Mar 2023 03:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8937

Actions (login required)

View Item View Item