Hidayah, Nuril (2022) The Use Of Non-Verbal Communication To Improve Introvert Students' Speaking Ability In Ma Mazro'atul Huda Wonorenggo Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (369kB) |
|
Text
3. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (448kB) |
|
Text
4. CHAPTER I.pdf Download (580kB) |
|
Text
5. CHAPTER II.pdf Download (653kB) |
|
Text
6. CHAPTER III.pdf Download (560kB) |
|
Text
7. CHAPTER IV.pdf Download (773kB) |
|
Text
8. CHAPTER V.pdf Download (458kB) |
|
Text
9. REFERENCES.pdf Download (455kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan problema-problema yang dialami oleh siswa introvert dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris, untuk mengungkap jenis-jenis komunikasi non-verbal yang sering digunakan oleh guru bahasa Inggris, mengeksplor problema-problema yang dihadapi oleh siswa introvert dalam kemampuan berbicara, dan untuk mengungkap bagaimana guru Bahasa Inggris menggunakan komunikasi non-verbal dalam mengembangkan kemampuan berbicara bahasa inggris siswa introvert secara efektif. Peneliti menyadari bahwa problema yang paling umum menghambat siswa dalam performa berbicara adalah kepribadian. Oleh karena itu, komunikasi non-verbal merupakan strategi yang penting dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa, terutama bagi siswa introvert. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang dibarengi dengan pendekatan case study. Subyek penelitian diambil dari murid kelas sepuluh dari MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk pemerolehan data yang mana bertujuan untuk menemukan jenis-jenis komunikasi non-verbal yang paling banyak digunakan oleh guru Bahasa Inggris dan motivasi para siswa. Hasil penelitian ini menujukkan ada lima jenis non-verbal yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris yakni gerak tubuh, ekpresi wajah, kontak mata, sentuhan, dan suara. Penelitian ini juga menemukan dua problema yang dihadapi oleh siswa introvert dalam performa berbicara meliputi kecemasan dan partisipasi dalam berbicara. Adapun, penelitian ini juga menemukan implementasi komunikasi non-verbal dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa introvert yang meliputi gerak tubuh guru mendorong siswa dalam memahami materi pembelajaran, wajah ceria guru menciptakan antusiasme, kontak mata guru mendorong atensi dan motivasi siswa, dan sentuhan guru menunjukkan kepedulian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Non-verbal, Siswa Introvert, Kemampuan Berbicara |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 03:13 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 03:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8937 |
Actions (login required)
View Item |