Implementasi Media Big Book Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Di SD Muhammadiyah Gribig Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Nurronia, Ahmida (2022) Implementasi Media Big Book Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Di SD Muhammadiyah Gribig Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (922kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (712kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (504kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca siswa kelas rendah, khususnya kelas 1. Keterampilan membaca merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan peserta didik dalam bidang pendidikan. Membaca merupakan suatu kegiatan untuk mencari informasi/pesan atau arti yang dicantumkan penulis melalui media tulisan. Pembelajaran membaca sangat penting untuk diajarkan di jenjang sekolah dasar. Tujuannya supaya siswa dapat mengetahui dan melafalkan tulisan dengan suara dan intonasi yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian media big book dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas rendah di SD Muhammadiyah Gribig Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan deskripsi yang mendalam tentang hambatan dan solusi dalam mengimplementasian media big book dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas rendah di SD Muhammadiyah Gribig Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah dan peneliti menjadi instrumen kunci. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas 1 yang berjumlah 23 orang, kepala sekolah dan guru kelas 1 SD Muhammadiyah Gribig. Data-data tentang implementasi media big book dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas rendah di SD Muhammadiyah Gribig Kudus dikumpulkan dengan dengan teknik wawancara mendalam secara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul kemudian peneliti melakukan pengujian keabsahan data dengan uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas), dan confirmability (obyektivitas). Adapun teknik analisis datanya adalah dengan mereduksi data, menyajikan data dan verivication atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkanbahwa 1) tingakat kemampuan membaca siswa kelas satu di SD Muhammadiyah Gribig Kudus cukup bagus. 2) Penerapan media big book dalam mengatasi kesulitan membaca di SD Muhammadiyah Gribig Kudus berjalan efektif dan membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan percaya diri saat pembelajaran berlangsung. 3) Dalam penerapan media big book hambatan yang dialami guru adalah kurangnya konsentrasi peserta didik, serta media big book yang kurang memadai. Adapun solusinya dengan menyelingi pembelajaran dengan bernyanyi bersama dan menggunakan media pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, Rini DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Media Big Book, Kesulitan Membaca, Siswa Kelas Rendah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:26
Last Modified: 13 Mar 2023 02:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9098

Actions (login required)

View Item View Item