Peran Guru IPS dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Sholichah, Mar’atus (2022) Peran Guru IPS dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (249kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
7. BAB VI.pdf

Download (360kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru IPS kelas VIII dalam pembentukan karakter disiplin pada peserta didik. Melalui penelitian ini, penulis berupaya untuk mengetahui segala bentuk peran guru yang dilakukan untuk membentuk karakter disiplin peserta didik di kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Gebog Kudus tahun ajaran 2021/2022. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana gambaran karakter peserta didik di MTs Hasyim Asy'ari 2 Kudus? 2) Bagaimana peran guru IPS dalam pembentukan karakter disiplin pada siswa di MTs Hasyim Asy'ari 2 Kudus? 3) Apa faktor penghambat pembentukan karakter disiplin siswa di MTs Hasyim Asy'ari 2 Kudus?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi (naratif). sumber data dalam penelitian ini yaitu guru IPS kelas VIII, kepala sekolah MTs Hasyim Asy'ari 2 Kudus, dan peserta didik kelas VIII. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian sesuai dengan fokus penelitian menunjukkan bahwa 1) gambaran karakter siswa di MTs Hasyim Asy'ari 2 Kudus masih perlu diperhatikan karena masih banyak siswa yang belum disiplin dan mentaati tata tertib sekolah seperti berangkat tidak tepat waktu, siswa kurang memperhatikan saat proses pembelajaran, siswa tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, siswa keluar kelas saat pembelajaran, siswa membawa Smartphone di sekolah, siswa mengeluarkan baju saat istirahat berlangsung, tidak berpakaian rapi dan lain sebagainya. 2) peran guru IPS dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus yaitu dengan memberikan pengarahan, bimbingan, nasehat, menegur, memberi hukuman, serta memotivasi siswa agar disiplin terhadap tata tertib sekolah. 3) Dalam pelaksanaan penanaman karakter disiplin pada siswa, terdapat faktor penghambat yang mempengaruhi upaya guru IPS dalam penanaman karakter disiplin pada siswa yaitu karakter siswa yang kurang terbuka dengan guru, kurang maksimalnya pendampingan pendidik terhadap penanaman karakter disiplin pada siswa, tidak adanya kerjasama yang baik dari orang tua dan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiftah, DanyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, IPS, Karakter Disiplin Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:30
Last Modified: 13 Mar 2023 03:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9121

Actions (login required)

View Item View Item