Penerapan Pendidikan Karakter Religius Melalui Program Mujahadah Asmaul Husna Pada Siswa Kelas IV di MI An-Nashriyah Lasem-Rembang

Hijriyyah, Taushiyatul (2022) Penerapan Pendidikan Karakter Religius Melalui Program Mujahadah Asmaul Husna Pada Siswa Kelas IV di MI An-Nashriyah Lasem-Rembang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (661kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (544kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Penerapan Pendidikan karakter religius melalui program Mujahadah Asmaul Husna pada kelas IV MI An-Nashriyah Lasem Rembang. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter religius melalui program Mujahadah Asmaul Husna pada kelas IV MI An-Nashriyah Lasem Rembang. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif yaitu dimana peneliti studi langsung ke lapangan untuk mendapatkan data yang mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala madrasah, guru kelas IV, dan peserta didik. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik tringulasi, sedangkan teknik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan pendidikan karakter religius melalui program Mujahadah Asmaul Husna pada kelas IV MI An-Nashriyah Lasem Rembang diterapkan sebelum pembelajaran dimulai. Penerapan karakter religius melalui program Mujahadah Asmaul Husna menggunakan metode pembiasaan. Tujuan dari Mujahadah Asmaul Husna untuk membantu siswa mengenal sifat-sifat Allah SWT dan menghayati nilai-nilai religius. Program Mujahadah Asmaul Husna ini berjalan dengan afektif pada kelas IV di MI An-Nashriyah Lasem Rembang. Para guru selalu membimbing dan memotivasi siswa agar selalu menerapkan nilai-nilai karakter. Bentuk-bentuk nilai religius melalui program Mujahadah Asmaul Husna adalah sholat, berdo’a, puasa, khataman al-Qur’an, mengerjakan PR serta tugas yang diberikan guru, datang tepat waktu dan menaati peraturan sekolah. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter religius melalui program Mujahadah Asmaul Husna pada kelas IV MI An-Nashriyah Lasem Rembang yaitu Faktor pendukungnya yakni semua pihak sekolah beperan dalam penerapan karakter religius siswa terutama guru yang memiliki peranan terpenting dalam mendidik dan membimbing siswanya, dan juga dukungan serta bimbingan orang tua ketika anak berada dirumah, adanya koordinasi antara guru dengan wali murid, semangat dalam diri siswa sendiri, dan sarana prasarana yang memadani. Adapun faktor penghambat yaitu lingkungan anak yang berbeda-beda, siswa tidak menaati peraturan di sekolah, kurangnya perhatian dan dukungan anak dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Mujahadah Asmaul Husna
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:55
Last Modified: 13 Mar 2023 04:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9133

Actions (login required)

View Item View Item