Strategi Komunikasi Dakwah Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pati Dalam Menarik Minat Sedekah Masyarakat

Azizah, Anisa Nurul (2022) Strategi Komunikasi Dakwah Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pati Dalam Menarik Minat Sedekah Masyarakat. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (668kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (808kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (460kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (708kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (277kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)

Abstract

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pati dalam menarik minat sedekah masyarakat untuk berdonasi menggunakan strategi komunikasi dakwah. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui strategi komunikasi dakwah Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pati dalam menarik minat sedekah masyarakat (2) mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung strategi komunikasi dakwah Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pati dalam menarik minat sedekah masyarakat. Manfaat penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan teori komunikasi dakwah yang berkaitan dengan sedekah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan studi lapangan pada Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pati. Subyek dalam penelitian ini ketua cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pati yakni Gufiadi Setyo Indrawan dan beberapa donatur Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pati yakni Khoirul Anwar, Adi Saputro, Maisyaroh dan Umi Salamah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi komunikasi dakwah Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pati dalam menarik minat sedekah masyarakat dengan meninjau tujuan, segmentasi khalayak, strategi penyusunan program kegiatan, dan media yang digunakan; promosi sosial media, program momentum, artis sebagai influencer, bekerjasama dengan lembaga lain dan respon cepat tanggap terhadap kebencanaan lokal. 2) Faktor penghambat dalam strategi komunikasi dakwah menarik minat sedekah Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pati yaitu; Faktor Internal, semangat relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang masih naik turun dalam mensosialisasikan kepada masyarakat. Eksternal, banyaknya lembaga sudah bekerjasama dengan NGO (Non-Government Organitation) yang juga berkiprah dibidang sosial kemanusian dan kegiatan sosial. 3) Dan faktor pendukungnya adalah masyarakat wilayah itu sendiri, serta kemajuan teknologi informasi memudahkan dalam menyebarkan program dan berdonasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRohimi, PrimiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Dakwah, Sedekah, ACT Pati
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:22
Last Modified: 15 Mar 2023 04:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9235

Actions (login required)

View Item View Item