Analisis Strategi Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Berbasis Community Based Tourism (Studi Pada Desa Wisata Janggalan)

Yumna, Alda Fauchatul (2022) Analisis Strategi Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Berbasis Community Based Tourism (Studi Pada Desa Wisata Janggalan). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (685kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (172kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (452kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

Kabupaten Kudus merupakan sebuah kota yang memiliki potensi pariwisata yang beragam dan memiliki daya tarik wisatawan yang cukup tinggi. Banyak potensi yang dapat digali dari desa-desa yang ada di Kabupaten Kudus untuk mengembangkan ekonomi kreatif menjadi desa wisata. Kabupaten Kudus terdapat banyak Desa Wisata yang telah resmi mendapatkan SK, namun tercatat ada sekitar 13 desa yang tidak dapat mempertahankan eksistensinya. Seluruh strategi dari Pemerintah Desa serta hubungan dengan masyarakat, sangat berpengaruh besar terhadapat perkembangan serta eksistensi dari Desa Wisata Janggalan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana upaya yang telah dilakukan Pemerintah Desa Janggalan dalam mengembangkan ekonomi kreatif desa wisata yang berbasis Community Based tourism (CBT), serta dukungan dan hambatan yang telah dialami terutama hubungan anatara Pemerintah Desa dengan masyarakat. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendektan kualitatif. Sumber data primer adalah Pemerintah Desa, masayarakat, serta pengunjung. Berdasarakan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pemerintah Desa Janggalan belum maksimal dengan pemberdayaan potensi yang telah dimiliki Desa Janggalan, baik berupa potensi sumber daya manusia (SDM), jumlah UMKM, maupun potensi objek wisata. Dalam penerapan konsep Community Based Tourism (CBT) belum dapat dimengerti secara penuh oleh masyarakat, karena kurangnya penjelasan hingga detail dari Pemerintah Desa Janggalan, sehingga hal tersebut mengakibatkan hilangnya rasa kepemilikan untuk bersama-sama mengelola Desa Wisata pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNingsih, Ekawati RahayuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan Ekonomi Kreatif, Desa Wisata, Community Based Tourism
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Wirausaha
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:58
Last Modified: 21 Mar 2023 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9393

Actions (login required)

View Item View Item