Fitriyani, Ariska (2022) Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (916kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (360kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (394kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (263kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (318kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (218kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
Abstract
Peneliti ini bertujuan : 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning tipe picture and picture untuk meningkatkan hafalan kosa kata siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa arab MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus, dan 2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning tipe picture and picture untuk meningkatkan hafalan kosa kata siswa kelas V pada bahasa arab MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi peneliti ini di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Subjek penelitian ini, kepala sekolah, guru bahasa Arab, dan siswa. pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan komunikasi, metode analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Implementasi model pembelajaran CTL tipe picture and picture untuk meningkatkan hafalan kosakata bahasa arab siswa kelas V MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus dilaksanakan setiap hari kamis dengan durasi 2x35 menit dengan langkah-langkah sebagai berikut: a.Tahap Perencanaan Pembelajaran, proses pelaksaan kegiatan pembelajaran yaitu guru menyusun RPP terlebih dahulu yang disesuaikan dan juga untuk meningkatkan motivasi belajar anak dan membuat media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan agar nantinya, b. Tahap pelaksanaan pembelajaran: Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat langkah-langkah penerapan metode picture and picture yaitu Pada tahap awal sebelum memulai pembelajaran, guru akan mengucapkan salam, berdo’a, kemudian guru memeberikan motivasi diawal pembelajaran, Tahap kedua pada tahap ini guru memberikan penjelasan mengenai materi yang akan dipelajari mengenai menghafal kosakata, Tahap Ketiga pada tahap ini guru menyajikan gambar sebagai salah satu media untuk membantu siswa mempermudah menghafal, Tahapan keempat pemasangan gambar, pada tahapan ini guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, kemudian guru memberikan gambar yang sudah teracak, Tahap kelima, pada tahap ini guru dan siswa bersama-sama mencocokkan jawaban dengan kelompok satu dengan yang lainnya, Tahap keenam yaitu penutup, c. Tahap evaluasi pembelajaran: guru melaksanakan evaluasi pembelajaran yaitu dengan penilaian tugas dibidang pengetahuan dengan memberikan tugas mingguan. 2) Faktor pendukung meliputi: kesadaran siswa untuk belajar, peran orang tua,peran guru yang mendukung, serta terdapat fasilitas sekolah berupa alat peraga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran CTL tipe Picture and Picture, Hafalan Koskata Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 05:38 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 05:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9414 |
Actions (login required)
View Item |