Internalisasi Pendidikan Karakter Siswa Sesuai Kurikulum 2013 Melalui Pembelajaran Tematik di MI NU Banat Kudus

Hidayah, Noor (2022) Internalisasi Pendidikan Karakter Siswa Sesuai Kurikulum 2013 Melalui Pembelajaran Tematik di MI NU Banat Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (943kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (264kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (95kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Pendidikan menjadi alternatif yang paling penting dalam menanamkan nilai- nilai karakter kepada generasi bangsa. Dewasa ini, dapat kita saksikan mayoritas sekolah melakukan internalisasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran, budaya sekolah, dan melalui kegiatan kokurikuler maupun ekstrakulikuler. Pendidikan karakter yang ditawarkan oleh pemerintah pada era ini ialah pendidikan karakter yang termuat dalam kurikulum 2013. Adapun pembelajaran tematik merupakan mata pelajaran yang terintegrasikan pendidikan karakter yang bertujuan mencetak generasi bangsa yang berjiwa karakter sesuai kurikulum 2013. MI NU Banat Kudus adalah salah satu madrasah yang mengimplementasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) sebagai bentuk internalisasi melalui mata pelajaran yaitu tematik. Sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian ini dengan judul “Internalisasi Pendidikan Karakter Siswa Sesuai Kurikulum 2013 Melalui Pembelajaran Tematik di MI NU Banat Kudus”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah pertama, bagaimana pelaksanaan internalisasi pendidikan karakter siswa sesuai kurikulum 2013 melalui pembelajaran tematik di MI NU Banat Kudus?. Kedua, bagaimana proses internalisasi pendidikan karakter siswa sesuai kurikulum 2013 melalui pembelajaran tematik di MI NU Banat Kudus?. Ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat internalisasi pendidikan karakter siswa sesuai kurikulum 2013 melalui pembelajaran tematik di MI NU Banat Kudus?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada uji keabsahan data penelitian ini peneliti menggunakan uji creadibility triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi pendidikan karakter siswa sesuai kurikulum 2013 melalui pembelajaran tematik dilakukan dengan baik, yaitu melalui 3 tahap pembelajaran perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada proses pelaksanaan pembelajaran, nilai- nilai karakter yang terdiri dari 18 butir bisa terlaksanan di dalam pembelajaran tematik, sehingga program PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) tercapai dan terlaksanan. Adapun proses internalisasi melalui 3 tahapan, yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap trans-internalisasi nilai. Faktor pendukung proses internalisasi pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran tematik terdiri dari faktor intern, yaitu kesadarann diri, dan faktor ekstern, yaitu sarana dan prasarana, orang tua, guru, dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya tidak begitu berat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNadhirin, NadhirinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:55
Last Modified: 04 Apr 2023 03:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9616

Actions (login required)

View Item View Item