Supervisi Kepala Madrasah Pada Program Madrasah Berbasis Terapan Di MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara

Waqfa, Wilda (2022) Supervisi Kepala Madrasah Pada Program Madrasah Berbasis Terapan Di MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (992kB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (312kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (337kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (299kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (575kB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (305kB)
[img] Text
07. Bab 4.pdf

Download (461kB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (215kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (344kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Menjelaskan pelaksanaan supervisi kepala madrasah MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara pada program madrasah berbasis terapan, 2) menjelaskan hasil pelaksanaan supervisi kepala madrasah MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara pada program madrasah berbasis terapan, 3) menjelaskan pelaksanaan evaluasi supervisi kepala madrasah MTs Ismailiyyah pada program madrasah berbasis terapan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Supervisi di MTs Ismailiyyah Nalumsari dilakukan setiap awal semester dan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan evaluasi. Teknik yang digunakan dalam kegiatan supervisi ini adalah teknik individu dan teknik kelompok. Ciri dari kegiatan supervisi senior di MTs Ismailiyyah adalah teknik diskusinya, yang dilakukan secara spontan, kapan saja, di mana saja, istilah lainnya adalah jagongan, 2) Hasil pelaksanaan kegiatan supervisi yang dilakukannya oleh kepala MTs Madrasah Ismailiyyah Nalumsari mengakibatkan kinerja guru dalam pelaksanaan program madrasah berbasis terapan meningkat. Dalam melakukan supervisi, kepala MTs Ismailiyyah tidak hanya memberikan supervisi, tetapi juga memberikan keteladanan dan keteladanan yang baik kepada guru, sehingga terjadi peningkatan kinerja dan profesionalisme guru, 3) Evaluasi supervisi kepala madrasah MTs Ismailiyyah dilakukan setiap akhir semester dengan metode wawancara dan observasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Kepala Madrasah, Program Madrasah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:44
Last Modified: 06 Apr 2023 02:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9634

Actions (login required)

View Item View Item