Mutiya, Maydiah (2022) Penerapan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Ayat-ayat Al-Qur’an Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di MTs NU Baitul Mukminin Getaspejaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (369kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (685kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (802kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (399kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (792kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (296kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas VII dalam membaca dan menulis ayat-ayat al-Qur’an. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Yanbu’a pada pembelajaran BTA di MTs. NU baitul Mukminin Getaspejaten Kudus, yaitu meliputi kemampuan membaca dan menulis ayat-ayat al-Qur’an siswa kelas VII, proses penerapan metode Yanbu’a pada pembelajaran BTA, serta faktor-faktor yang mempengaruhi adanya penerapan metode Yanbu’a. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research),data-data tentang penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis ayat-ayat al-Qur’an siswa kelas VII pada pembelajaran BTA dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pendidik BTA dan seluruh siswa kelas VII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca dan menulis ayat-ayat al-Qur’an siswa sebagaian besar menunjukkan kemampuannya sudah baik dan cukup baik, dan hanya sebagian kecil siswa yang kemampuannya kurang baik. Pada penerapan metode Yanbu’a pada pembelajaran BTA terdapat 3 tahapan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti (penyampaian materi dan sorogan), dan kegiatan penutup. Selama proses penelitian ditemukan adanya faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi adanya penerapan metode Yanbu’a, yaitu adanya dukungan dari Madrasah, motivasi siswa, dan lingkungan yang mendukung. Adapun faktor penghambatnya ialah perbedaan kemampuan siswa dan kurangnya konsentrasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an, Yanbu’a, BTA | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2023 01:50 | ||||||
Last Modified: | 11 Apr 2023 01:50 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9673 |
Actions (login required)
View Item |