Penerapan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Ayat-ayat Al-Qur’an Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di MTs NU Baitul Mukminin Getaspejaten Kudus

Mutiya, Maydiah (2022) Penerapan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Ayat-ayat Al-Qur’an Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di MTs NU Baitul Mukminin Getaspejaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (685kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (802kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (792kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas VII dalam membaca dan menulis ayat-ayat al-Qur’an. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Yanbu’a pada pembelajaran BTA di MTs. NU baitul Mukminin Getaspejaten Kudus, yaitu meliputi kemampuan membaca dan menulis ayat-ayat al-Qur’an siswa kelas VII, proses penerapan metode Yanbu’a pada pembelajaran BTA, serta faktor-faktor yang mempengaruhi adanya penerapan metode Yanbu’a. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research),data-data tentang penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis ayat-ayat al-Qur’an siswa kelas VII pada pembelajaran BTA dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pendidik BTA dan seluruh siswa kelas VII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca dan menulis ayat-ayat al-Qur’an siswa sebagaian besar menunjukkan kemampuannya sudah baik dan cukup baik, dan hanya sebagian kecil siswa yang kemampuannya kurang baik. Pada penerapan metode Yanbu’a pada pembelajaran BTA terdapat 3 tahapan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti (penyampaian materi dan sorogan), dan kegiatan penutup. Selama proses penelitian ditemukan adanya faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi adanya penerapan metode Yanbu’a, yaitu adanya dukungan dari Madrasah, motivasi siswa, dan lingkungan yang mendukung. Adapun faktor penghambatnya ialah perbedaan kemampuan siswa dan kurangnya konsentrasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an, Yanbu’a, BTA
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:50
Last Modified: 11 Apr 2023 01:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9673

Actions (login required)

View Item View Item