Pengaruh Metode SQ4R Berbantuan Buku Cerita Terhadap Ketrampilan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus

IHWANI, IHWANI (2022) Pengaruh Metode SQ4R Berbantuan Buku Cerita Terhadap Ketrampilan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (908kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (263kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (77kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (572kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (441kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui keterampilan membaca pemahaman pada siswa sebelum tindakan metode SQ4R berbantuan buku cerita pada peserta didik kelas 5 MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus. (2) Untuk mengetahui keterampilan membaca pemahaman pada siswa setelah dilakukan tindakan metode SQ4R berbantuan buku cerita peserta didik kelas 5 MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus.(3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode SQ4R berbantuan buku cerita terhadap ketrampilan membaca pemahaman pada siswa MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasy eksperimen dengan desain One Group Pre-Post Test Design. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Populasi siswa kelas V MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus 37 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas dan uji Wilcoxon. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak ada perbedaan keterampilan membaca pemahaman pada siswa sebelum tindakan metode SQ4R berbantuan buku cerita pada peserta didik kelas 5 MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus dengan skor kemampuan membaca pemahaman sebelum SQ4R 33,7. (2) Tidak ada perbedaan antara keterampilan membaca pemahaman pada siswa setelah dilakukan tindakan metode SQ4R berbantuan buku cerita peserta didik kelas 5 MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus yaitu dengan skor kemampuan membaca pemahaman setelah tindakan SQ4R 56,73. (3) Kesimpulan dalam penelitian ini didapatkan adanya pengaruh penggunaan metode SQ4R berbantuan buku cerita terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasrukhin, MasrukhinUNSPECIFIED
Thesis advisorMuhaimin, MuhaiminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: April 2022, MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus, Ketrampilan Membaca Pemahaman, SQ4R.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:17
Last Modified: 12 Apr 2023 06:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9685

Actions (login required)

View Item View Item