Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Rekognisi Tahfiẓ Al-Qur’an di MTs NU Nurussalam Besito Kudus

Aslah, Anika (2022) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Rekognisi Tahfiẓ Al-Qur’an di MTs NU Nurussalam Besito Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (589kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (368kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research, yakni peneliti langsung terjun ke lapangan (lokasi penelitian) untuk melakukan penelitian Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Rekognisi Tahfiẓ Al-Qur’an di MTs NU Nurussalam Besito Kudus, meliputi: 1) Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam rekognisi tahfiẓ Al-Qur’an di MTs NU Nurussalam Besito Kudus; 2) Bentuk-bentuk rekognisi tahfiẓ Al-Qur’an di MTs NU Nurussalam Besito Kudus; dan 3) Strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam rekognisi tahfiz Al-Qur’an di MTs NU Nurussalam Besito Kudus. Metode penelitian pada tesis ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Lokasi penelitian berada di MTs NU Nurussalam desa Besito Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu: Guru kelas tahfiz dan Kepala Madrasah MTs NU Nurussalam Besito Kudus. Sedangkan informannnya yaitu Guru kelas tahfiz dan Kepala Madrasah di MTs NU Nurussalam. Sumber dalam data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan uji credibility (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), uji dependability (reliabilitas), serta uji confirmability (objektivitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam rekognisi tahfiz di MTs NU Nurussalam mengikuti gaya kepemimpinan partisipatif/demokratis dan gaya kepemimpinan transformasional. Adapun ciri-cirinya yaitu: a) Kepala madrasah ketika mengambil keputusan selalu melibatkan segenap unsur pendidik serta tenaga kependidikan. b) Kepala madrasah mau menerima masukan ataupun saran dari pendidik serta tenaga kependidikan. c) Kepala madrasah memberi kepercayaan pada beberapa pendidik untuk membimbing tahfiz Al-Qur’an; 2) Bentuk rekognisi yang dilaksanakan di MTs NU Nurussalam Besito Kudus yaitu rekognisi dari segi kualitas bacaan serta hasil dari hafalannya. Jadi, siswa-siswi unggulan tidak hanya wajib memenuhi standart hafalan yang sudah ditentukan madrasah. Akan tetapi, hafalan yang disetorkan harus dibaca dengan tartil dan sesuai dengan tajwid serta makhorijul hurufnya; 3) Strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah MTs NU Nurussalam yaitu: 1. Memperbaiki serta menyempurnakan manajemen tahfiz Al-Qur’an dengan: a) Menentukan waktu yang tepat, b) Memilih tempat serta lingkungan yang baik dan suci, c) Menentukan standart materi yang akan dihafal; 2. Mengaktifkan serta memperkuat peran instruktur tahfiz dalam membimbing dan memotivasi siswa dengan cara: a) Meningkatkan volume serta intensitas keterlibatan guru tahfiz secara langsung dalam membimbing siswa penghafal Al-Qur’an yang harus dilakukan secara istiqamah, b) Meningkatkan kemampuan guru dalam membimbing serta memotivasi siswa, c) Memperkuat kontrol serta motivasi atasan (Kepala Madrasah); 3. Menjalin kerjasama dengan pesantren-pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorChoir, AbuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Rekognisi, Tahfiz
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:10
Last Modified: 13 Apr 2023 06:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9704

Actions (login required)

View Item View Item