Anshori, Ahmad Mujib (2022) Evaluasi Program Excellent Class for tahfidzul-qur’an And Building Lifeskill, Menggunakan Discrepancy model (Studi Kasus Di SMP IT Utsman Bin Affan Juwana). Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (491kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (430kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (623kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (433kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (398kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah (1) Mengetahui pengalaman dan makna dari perencanaan dan pelaksanaan program excellent class for tahfidzul-qur’an and building lifeskill;, (2) Mengetahui pengalaman dan makna implementasi evaluasi program, menggunakan discrepancy model pada program excellent class for tahfidzul-qur’an and building life skill. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi program dengan model discrepancy menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik nonprobability sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil evaluasi menggunakan discrepancy model sebagai berikut; (1) Pengalaman perencanaan pada program Excellent class for tahfidzul-qur’an and building lifeskill direncanakan dengan adanya standar pada masing-masing tahapan( tahapan perencanaan guru, peserta, metode, waktu, penilian, dan evaluasi). Makna dari perencanaan program tersebut ialah terbentuknya perencanaan yang efektif dalam peningkatan program tahfidzul-qur’an (2) Pelaksanaan program tersebut menunjukan hasil capaian tahfidz dengan kategori C ( cukup baik). Dibuktikan dengan dari 12 peserta 2 siswa melebihi target, 2 siswa mendekati target, 5 siswa kurang dari target, 3 siswa tidak sesuai target. Kesenjangan yang ditemukan yaitu pada pelaksanaan program tersebut ialah a.) Penggunaan metode tikrar yang belum sepenuhnya digunakan., b) Kondisi pandemi yang membuat hari efektif pada program tersebut terlalu sedikit., c) Semangat siswa yang terkadang menurun saat mengikuti program. d) Banyaknya perubahan agenda sekolah karena pandemi yang berakibat berkurangnya hari efektif pada program tersebut. Makna dari pengalaman program excellent class ialah program tersebut dapat dilanjutkan dengan perbaikan dari kesenjangan yang telah ditemukan( perbaikan metode, waktu, semangat siswa dan hari efektif).
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi program, Excellent class, Discrepancy model. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2023 06:19 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2023 06:19 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9706 |
Actions (login required)
View Item |