Zulia, Nita (2022) Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kematangan Karir pada Peserta Didik SMK Roudlotul Mu’allimin Wedung Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (367kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (632kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (374kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (638kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (214kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji mengenai Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kematangan Karir pada Peserta Didik SMK Roudlotul Mu’allimin Wedung Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif yang mana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Untu mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan kematangan karir digunakan lima indikator pada kecerdasan emosional yaitu mengenali emosi, mengelola emosi, mengenali emosi orang lain, memotivasi diri sendiri dan membina hubungan. Sedangkan pada variable kematangan karir digunakan empat indikator yaitu keinginan individu dalam membuat perencanaan karir, kemampuan individu dalam pengumpulan informasi karir, kemampuan individu dalam menggunakan informasi tentang karir sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan kemampuan individu dalam mengambil keputusan karir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya:1) presentase terbesar kecerdasan emosional peserta didik berada pada kategori sedang yaitu 23 peserta didik atau 57,5%. Artinya kecerdasan emosional peserta didik SMK Roudlotul Mu’allimin Wedung di jurusan Mutimedia kelas XII adalah sedang. 2) presentase terbesar kematangan karir peserta didik berada pada kategori sedang yaitu 23 peserta didik atau 57,5%. Artinya kematangan karir peserta didik SMK Roudlotul Mu’allimin Wedung di jurusan Mutimedia kelas XII adalah sedang. 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kematangan karir peserta didik SMK Roudlotul Mu’allimin Wedung di jurusan Mutimedia kelas XII, dengan dibuktikan oleh koefisiensi korelasi (r) sebesar 0,879 dan sig.(2 tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang mana 0,05 adalah taraf signifikan dimana hal ini menunjukkan hubungan kedua variable signifikan. Hal ini disebabkan karena dengan kecerdasan emosional ini peserta didik akan memiliki kesadaran untuk merumuskan hal yang hendak dikembangkan kedepannya dengan mempertimbangkan kemampuan dan hasil analisis pemikiran secara realistis. Selain itu peserta didik juga akan mampu berkomunikasi dengan teman sebayanya dengan tidak terpengaruh kepada hal yang akan membawanya kepada keterpurukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kematangan Memilih Karir, SMK | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2023 07:02 | |||||||||
Last Modified: | 27 Apr 2023 07:02 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9839 |
Actions (login required)
View Item |