Strategi Fundraising Zakat Infak dan Sedekah Menggunakan Media Sosial dalam Memetakan Potensi Muzaki (Studi Kasus Lazismu Kudus)

Lutfi, Akhmad Shofi (2022) Strategi Fundraising Zakat Infak dan Sedekah Menggunakan Media Sosial dalam Memetakan Potensi Muzaki (Studi Kasus Lazismu Kudus). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (424kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (904kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah 1) untuk mengidentifikasi jenis platform media sosial dalam fundraising zakat, infak dan sedekah di LAZISMU Kudus. 2) untuk mendeskripsikan peta potensi muzaki pada platform media sosial dalam fundraising zakat, infaq dan sedekah di LAZISMU Kudus. 3) Untuk mendeskripsikan strategi fundraising zakat, infak dan sedekah pada platform media sosial yang digunakan LAZISMU Kudus. Penulisan tesis ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis kualitatif dengan langkah langkah reduksi data, display, lalu penarikan kesimpulan. Sedankan teknik penjamin keabsahan data, dilakukan dengan triangulasi sumber, metode triangulasi, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi LAZISMU Kudus dalam funraising ZIS Kudus a. menggunakan metode Indirect Fundraising yang bertujuan fokus hanya pada promosi program dan penyedian layanan secara online, b. Menggunakan jenis platform organic social media atau media sosial yang dapat diperoleh dan dimanfaatkan secara gratis, c. Menggunakan jenis platform media sosial yang mendukung kegiatan promosi program dan penyedian layanan online yaitu jenis media jejaring sosial, media berbagi dan microblog, d. Membuat konten yang menarik, kreatif dan adaptif yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat luas dengan selalu mencantumkan nama akun media sosial yang dimiliki lembaga serta nomer rekening lembaga di setiap konten yang dibuat, e. Memposting atau membagikan konten secara masif dengan mempertimbangkan waktu dan momen-momen yang tepat, f. 2) Memetakan potensi muzaki atau muzaki potensial pada platform media sosial LAZISMU Kudus yaitu: Pertama, menilai bahwa seluruh pengikut akun media sosial LAZISMU kudus merupakan muzaki potensial bagi LAZISMU Kudus dengan mengacu sebuah indikator yakni kemauan pengguna media sosial. Hal ini karena media sosial salah satu cara untuk menyampaikan informasi tentang lembaga amil zakat secara efektif, sehingga pada akhirnya pengikut akun media sosial tersebut mau menyalurkan zakatnya melalui LAZISMU Kudus. Kedua, menentukan potensi zakat yang dapat dihimpun dari per-pengikut media sosial akun LAZISMU Kudus dengan menyesuaikan potensi zakat yang ada di Kabupaten Kudus, sehingga dapat disimpulkan oleh LAZISMU Kudus bahwa pada platform media sosial Facebook memiliki potensi zakat yang dapat dihimpun oleh mereka yakni sebesar 2,82%, 1.09% pada platform Instagram, 0.35% pada platform YouTube, 0.14% pada platform WhatsApp, 0.13% pada platform Twitter, serta 0.01% pada platform TikTok dari seluruh potensi dana zakat yang dapat dihimpun LAZ Kabupaten Kudus.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasdi, AbdurrahmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fundraising, ZIS, Media Sosial.
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat
Divisions: Pascasarjana > Hukum Keluarga Islam (HKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Apr 2023 07:14
Last Modified: 27 Apr 2023 07:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9842

Actions (login required)

View Item View Item