Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Turnamens (TGT) Disertai Media Snake and Ladder Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Kelas XI Materi Sel MAS Abadiyah Pati

Sulistiani, Dita (2023) Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Turnamens (TGT) Disertai Media Snake and Ladder Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Kelas XI Materi Sel MAS Abadiyah Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (357kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (678kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (512kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (629kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Teams Games Turnamens (TGT) disertai Media Snake and Ladder kelas XI MIPA materi sel MAS Abadiyah Pati. (2) Untuk mengetahui partisipasi belajar siswa kelas XI MIPA materi sel MAS Abadiyah Pati. (3) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Games Turnamens (TGT) disertai Media Snake and Ladder terhadap partisipasi belajar siswa kelas XI MIPA materi sel MAS Abadiyah Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA MAS Abadiyah Pati. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan MIPA 3 dengan jumlah 52 siswa yang digunakan untuk memperoleh data. Variabel penelitian yaitu model pembelajaran Teams Games Turnamens (TGT) disertai Media Snake and Ladder (X) dan partisipasi belajar (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi model pembelajaran Teams Games Turnamens (TGT) disertai Media Snake and Ladder kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen terlaksana sebanyak 3 pertemuan. Implementasi model pembelajaran Teams Games Turnamens (TGT) disertai Media Snake and Ladder tergolong sangat baik. hal ini dapat diketahui pada lembar observasi hasil keterlaksanaan sintaks dengan rata-rata 85% daan didukung oleh hasil angket respon siswa yang memiliki rata-rata 76,5, (2) Partisipasi belajar siswa kelas XI MIPA MAS Abadiyah Pati tergolong baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil angket partisipasi belajar siswa, kelas eksperimen memiliki rata-rata 78,92 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 71,38 dan (3) Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Turnamens (TGT) disertai Media Snake and Ladder terhadap partisipasi belajar siswa kelas XI MIPA MAS Abadiyah Pati. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis, nilai signifikasi 2-tailed sebesar (0,005 < 0,05), yang berarti Ho ditolak. Jadi, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Turnamens (TGT) disertai Media Snake and Ladder terhadap partisipasi belajar siswa materi sel kelas XI MIPA MAS Abadiyah Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWardhani, Irma YuniarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teams Games Turnamens (TGT), Snake and Ladder, Partisipasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 May 2023 01:38
Last Modified: 05 May 2023 01:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9908

Actions (login required)

View Item View Item