Pengaruh Harga, Diskon, Promo Gratis Ongkir Dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Marketplace (Studi Kasus Perbandingan Ketertarikan Pengguna Terhadap Aplikasi Shopee Dengan Aplikasi Tokopedia Di Desa Getaspejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus)

Arsy, Titian Virgi (2023) Pengaruh Harga, Diskon, Promo Gratis Ongkir Dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Marketplace (Studi Kasus Perbandingan Ketertarikan Pengguna Terhadap Aplikasi Shopee Dengan Aplikasi Tokopedia Di Desa Getaspejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (674kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (523kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (739kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (552kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (638kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan sebagian besar masyarakat dalam penggunaan aplikasi online untuk berbelanja segala bentuk kebutuhannya. Pada saat ini, masyarakat lebih memilih berbelanja secara online dengan dalih lebih murah, lebih banyak diskon dan promonya, serta lebih mudah dilakukan dibandingkan harus pergi ke toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, diskon, promo gratis ongkir, dan kemudahan bertransaksi terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi marketplace (studi kasus perbandingan ketertarikan pengguna terhadap aplikasi shopee dengan tokopedia di desa Getaspejaten, Jati Kudus) baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Data penelitian yang dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling pertimbangan atau purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui jika besarnya pengaruh harga, diskon, promo gratis ongkir dan kemudahan bertransaksi terhadap keputusan pembelian pada aplikasi marketplace sebesar 30,6% dan sisanya 69,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi marketplace (2) Diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi marketplace (3) Promo Gratis Ongkir berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi marketplace (4) Kemudahan Bertransaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi marketplace (5) Harga, Diskon, Promo Gratis Ongkir, dan Kemudahan Bertransaksi secara simultan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi marketplace (6) Penggunaan aplikasi shopee lebih banyak diminati oleh masyarakat dalam berbelanja online dibandingkan penggunaan aplikasi tokopedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamdani, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Harga, Diskon, Promo Gratis Ogkir, Kemudahan Bertransaksi, Keputusan Pembelian.
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:41
Last Modified: 22 Jun 2023 03:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10382

Actions (login required)

View Item View Item