Studi Analisis Neurosains Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Sikap Religius Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU Fatimatuz Zahro’ Kudus

Ishlah, Nurul (2023) Studi Analisis Neurosains Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Sikap Religius Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU Fatimatuz Zahro’ Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (987kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (261kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (148kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (531kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (135kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (825kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan adanya persoalan tentang cara meningkatkan sikap religius anak usia dini di TK Fatimatuz Zahro’ kudus, tidak dipungkiri bahwa adanya sangat berkaitan dengan saraf, yakni pada dasarnya semua perbuatan dan tingkah laku yang akan dilakukan memiliki ketersinggungan pada pemikiran yang terstruktur didalam otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) Strategi meningkatkan sikap religius anak usia dini menurut pandangan neurosains pendidikan islam. Dan 2) Untuk mengetahui keterlibatan guru dalam meningkatkan sikap religius anak usia dini di TK Muslimat NU Fatimatuz Zahro’ Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini berasal dari kepala Sekolah TK Muslimat NU Fatimatuz Zahro’, Guru Kelas, Anak – anak, dan Orang tua (Wali murid). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusing drawing or verivication (verifikasi data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi dalam meningkatkan sikap religius anak usia dini di TK Fatimatuz Zahro’ dilakukan dengan menerapkan adanya sebuah tools atau aturan yang didalamnya telah melalui proses rapat terorganisasi yang digunakan untuk mendukung sikap religius anak usia dini, serta Peran guru dan keterlibatannya dalam mendukung lancarnya usaha meningkatkan sikap religius anak usia dini antara lain memberikan pengertian tentang sopan santun, disiplin, tanggung jawab dengan menjelaskan pentingnya memiliki sikap religius anak usia dini dan upaya yang dilakukan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsnawati, ZakiyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Neurosains, Pendidikan Islam, Sikap Religius, Anak Usia Dini
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:28
Last Modified: 04 Jul 2023 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10442

Actions (login required)

View Item View Item