Analisis Komparatif (Gender) Terhadap Kebersyukuran Dan Quarter Life Crisis ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Angkatan 2019 IAIN Kudus)

Zahroh, Kholifatuz (2023) Analisis Komparatif (Gender) Terhadap Kebersyukuran Dan Quarter Life Crisis ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Angkatan 2019 IAIN Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (654kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (562kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir, sebagai individu yang memasuki usia dewasa awal rentang mengalami krisis berupa respon ketidakmampuan dan ketidaksiapan atas tangung jawab dan harapan baru yang diberi. Hal ini yang memicu kecemasan dan stress. Bersyukur erat kaitannya dengan kebahagiaan, Bersyukur memiliki hubungan yang signifikan dengan beberapa afeksi positif dan kepuasan hidup. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kebersyukuran dan quarter life crisis mahasiswa laki-laki dan perempuan Fakultas Ushuluddin angkatan 2019 IAIN Kudus. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang dipilih adalah pendekatan analisis kuantitatif komparsional dengan metodeologi yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan teknik kuesioner angket, dan dokumentasi, menggunakan skala kebersyukuran Ahmad Rusdi yang terdiri dari 20 item dan skala quarter life crisis dari Aulia Rahma Sumartha yang terdiri dari 14 item. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 120 mahasiswa Fakultas Ushuluddin angkatan 2019 IAIN Kudus yang didapatkan melalui teknik Proporsionate Stratified Random Sampling. Metode analisis hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kebersyukuran dan tidak terdapat perbedaan signifikan pada quarter life crisis antara laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitri, Dianing PraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kebersyukuran, Quarter Life Crisis, Gender.
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:24
Last Modified: 26 Jul 2023 01:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10671

Actions (login required)

View Item View Item