Pengaruh Model Treffinger Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas Viii Mts Nu Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus

SARI, LIAN NANING (2023) Pengaruh Model Treffinger Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas Viii Mts Nu Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

Pendidikan merupakan pendewasaan peserta didik agar dapat mengembangkan bakat, potensi, dan keterampilan yang dimiliki dalam menjalani kehidupan. Saat ini banyak macam model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik salah satunya adalah model pembelajaran treffinger. Model pembelajaran Treffinger merupakan salah satu dari model yang menangani masalah kreativitas secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan model treffinger learning dan pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi peredaran darah kelas VIII MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus. Penelitian ini menggunakan metode statistik Inferensial bentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling jenis Sampling Jenuh. Dengan sampel penelitian kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes bentuk essay yang berjumlah 5 soal dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil kemampuan berfikir kreatif siswa menunjukkan bahwa keterlaksanaan model treffinger learning terhadap kemampuan berfikir kreatir pada materi sistem peredaran darah kelas VIII MTs NU Ihyaul Ulum sudah terlaksana dengan baik, hampir 90 % yaitu ditinjau dari aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik mengikuti dengan baik dan kondusif serta peningkatan kemampuan berfikir kreatif dilihat dari hasil uji shapiro wilk dengan nilai probabilitas (sig. 2-tailed) pada Equal variances assumed sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran treffinger berpengaruh positif terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi peredaran darah kelas VIII MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudhi, Henry SetyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: treffinger learning, kemampuan berfikir kreatif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:59
Last Modified: 14 Aug 2023 06:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10841

Actions (login required)

View Item View Item