Implementasi Manajemen Pelayanan Bimbingan Manasik Haji Dan Umroh Dalam Persepektif Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Pada Calon Jemaah Haji Dan Umroh di PT Arwaniyyah Tour dan Travel Kudus

Faisol, Muhammad (2023) Implementasi Manajemen Pelayanan Bimbingan Manasik Haji Dan Umroh Dalam Persepektif Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Pada Calon Jemaah Haji Dan Umroh di PT Arwaniyyah Tour dan Travel Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (795kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelayanan bimbingan manasik haji dan umroh , dampak pelayanan bimbingan manasik haji dan umroh dalam perspektif kognitif, afektif dan psikomotorik calon jemaah, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan bimbingan manasik haji dan umroh di PT Arwaniyyah Tour dan Travel Kudus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang penyajiannya berpola deskriptif. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian tahap pengujian keabsahan data dengan hanya menggunakan uji kredibilitas data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan langkah mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan dan memverifikasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pelayanan bimbingan manasik haji dan umroh di PT Arwaniyyah Tour dan Travel telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan syari’at Islam. Kemudian PT Arwaniyyah Tour dan Travel mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengawasan dan pengevaluasian ini sudah berjalan dengan baik dalam proses pelayanan bimbingan manasik haji dan umroh. Dengan adanya hal tersebut berdampak meningkatnya pada Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik calon jemaah haji dan umroh PT Arwaniyyah Tour dan Travel yaitu jemaah mempunyai kemauan dalam mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji dengan penuh semangat, antusiaisme yang tinggi, senang dan nyaman. Selanjutnya, Faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji dan umroh di PT Arwaniyyah Tour dan Travel secara umum adalah Pengelola bimbingan manasik yang kredibel, sarana dan prasarana yang memadai, keaktifan peserta, pembimbing atau narasumber yang profesional, fasilitas manasik, jadwal bimbingan manasik, metode manasik, dan PT Arwaniyyah telah memiliki izin operasional dari Kementrian Agama. Sedangkan faktor penghambat kegiatan bimbingan manasik haji dan umroh di PT Arwaniyyah Tour dan Travel adalah waktu pelaksanaan bimbingan yang terbatas, banyaknya peserta yang berusia lanjut, faktor pengalaman, faktor pengetahuan dan ketrampilan, faktor pendidikan. Kemudian harapan dari adanya bimbingan manasik haji dan umroh secara umum adalah agar jemaah bisa memahami apa yang telah disampaikan dan juga bisa mengaplikasikan pada rangkaian ibadah yang akan dikerjakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZaman, Wahyu KhoiruzUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Bimbingan Manasik, Kognitif, Afektif dan Psikomotorik
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Fiqih, Hukum Islam > Ibadah
Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:28
Last Modified: 16 Oct 2023 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item View Item