Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Shopeepay Pada Generasi Z

Juliantina, Diva (2023) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Shopeepay Pada Generasi Z. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (973kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (674kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (672kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (388kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB)

Abstract

Financial technology (fintech) telah menjadi salah satu layanan keuangan yang sering digunakan dalam melakukan aktivitas keuangan sehari-hari. Dengan berkembangnya fintech, digalakkan cashless society dengan menciptakan inovasi uang elektronik bernama e-wallet. ShopeePay menjadi salah satu aplikasi penyedia layanan e-wallet yang terintegrasi dengan e-commerce ShopeePay. Persepsi kemudahan penggunaan, efektivitas, dan fitur layanan menjadi hal yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam mengambil keputusan ketika menggunakan ShopeePay. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan dari 100 responden melalui teknik simple random sampling dengan menggunakan kuesioner. Hasil data yang diperoleh tersebut diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Menurut temuan penelitian, pengujian parsial yang berfokus pada persepsi kemudahan penggunaan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kecenderungan untuk menggunakan fintech ShopeePay untuk tujuan transaksional. Dibuktikan dengan nilai thitung (4,093) > ttabel (1,985), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel efektivitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kecenderungan bertransaksi melalui fintech ShopeePay. Dibuktikan dengan nilai thitung (4,656) > ttabel (1,985), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Utilitas variabel fitur layanan tidak menunjukkan pengaruh yang positif atau signifikan terhadap kecenderungan melakukan transaksi melalui fintech ShopeePay. Dibuktikan dengan nilai thitung (1,585) < ttabel (1,985), dengan nilai signifikansi sebesar 0,116 > 0,05

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarsono, Lorena Dara PutriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Fitur Layanan, Transaksi, Fintech, ShopeePay, Gen Z
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Bisnis

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:24
Last Modified: 21 Oct 2023 04:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11116

Actions (login required)

View Item View Item