Alfiyanti, Iffah Nur Mayla (2023) Model Interaksi Sosial Antar Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SLB Negeri Purwosari Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (264kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (310kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (504kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (174kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (294kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (145kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
Model interaksi sosial pada pembelajaran merupakan pembelajaran yang menitikberatkan pada hubungan siswa dan lingkungan dengan maksud mencapai kecakapan siswa dalam berinteraksi dengan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bentuk interaksi sosial serta komunikasi yang terjalin antar siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran IPS di SLB Negeri Purwosari Kudus. 2) Mendeskripsikan model interaksi yang digunakan pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SLB Negeri Purwosari Kudus. 3) Mendeskripsikan respon siswa atas model interaksi sosial pada pembelajaran IPS dalam interaksi produktif meningkatkan motivasi belajar di SLB Negeri Purwosari Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subyek dalam penelitian ini yaitu Guru IPS, Kepala Sekolah, serta empat siswa kelas 8 SLB Negeri Purwosari Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil yang dicapai pada penelitian ini yaitu 1) Bentuk interaksi sosial dan komunikasi yang terjalin antar anak berkebutuhan khusus dalam pembelajaran IPS adalah kerja sama yang terwujud ketika pembelajaran berlangsung melalui proses diskusi terkait permasalahan yang sedang dibahas dan fakta di lapangan tersebut sejalan dengan teori dari Erving Goffman mengenai interaksi sosial. 2) Model interaksi yang digunakan pada pembelajaran IPS sejalan dengan model interaksi sosial pada pembelajaran yang menitikberatkan pada hubungan siswa dan lingkungan serta berpengaruh terhadap perubahan perilaku dan motivasi siswa dalam belajar seperti yang tertera pada prinsip-prinsip motivasi belajar 3) Model interaksi sosial yang digunakan pada pembelajaran IPS mendapatkan respon positif dan negatif dari siswa yang berpengaruh terhadap motivasi dan kualitas pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Sosial Pada Pembelajaran, Pembelajaran IPS Anak Berkebutuhan Khusus, Motivasi Belajar Siswa | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 04:18 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 04:18 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11261 |
Actions (login required)
View Item |