Model Interaksi Sosial Antar Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SLB Negeri Purwosari Kudus

Alfiyanti, Iffah Nur Mayla (2023) Model Interaksi Sosial Antar Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SLB Negeri Purwosari Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (504kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (294kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

Model interaksi sosial pada pembelajaran merupakan pembelajaran yang menitikberatkan pada hubungan siswa dan lingkungan dengan maksud mencapai kecakapan siswa dalam berinteraksi dengan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bentuk interaksi sosial serta komunikasi yang terjalin antar siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran IPS di SLB Negeri Purwosari Kudus. 2) Mendeskripsikan model interaksi yang digunakan pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SLB Negeri Purwosari Kudus. 3) Mendeskripsikan respon siswa atas model interaksi sosial pada pembelajaran IPS dalam interaksi produktif meningkatkan motivasi belajar di SLB Negeri Purwosari Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subyek dalam penelitian ini yaitu Guru IPS, Kepala Sekolah, serta empat siswa kelas 8 SLB Negeri Purwosari Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil yang dicapai pada penelitian ini yaitu 1) Bentuk interaksi sosial dan komunikasi yang terjalin antar anak berkebutuhan khusus dalam pembelajaran IPS adalah kerja sama yang terwujud ketika pembelajaran berlangsung melalui proses diskusi terkait permasalahan yang sedang dibahas dan fakta di lapangan tersebut sejalan dengan teori dari Erving Goffman mengenai interaksi sosial. 2) Model interaksi yang digunakan pada pembelajaran IPS sejalan dengan model interaksi sosial pada pembelajaran yang menitikberatkan pada hubungan siswa dan lingkungan serta berpengaruh terhadap perubahan perilaku dan motivasi siswa dalam belajar seperti yang tertera pada prinsip-prinsip motivasi belajar 3) Model interaksi sosial yang digunakan pada pembelajaran IPS mendapatkan respon positif dan negatif dari siswa yang berpengaruh terhadap motivasi dan kualitas pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial Pada Pembelajaran, Pembelajaran IPS Anak Berkebutuhan Khusus, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:18
Last Modified: 22 Oct 2023 04:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11261

Actions (login required)

View Item View Item