Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Yaummi Mobile pada KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah Pati Cabang Kuniran

Uyun, Vina Ismatul (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Yaummi Mobile pada KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah Pati Cabang Kuniran. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital di Indonesia saat ini menjadikan beberapa sektor khususnya sektor perbankan melakukan penciptaan inovasi dalam pelayanannya. Salah satunya yaitu dengan menyediakan layanan digital untuk transaksi keuangannya. Layanan Yaummi Mobile merupakan salah satu fasilitas layanan digital yang digunakan untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan secara cepat, aman, nyaman, dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah bertransaksi menggunakan aplikasi Yaummi Mobile. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif metode studi kasus yang penelitiannya dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk menggali informasi secara mendalam. Teknik pengumpulan datanya melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyjian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memperoleh temuan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah cabang Kuniran untuk melakukan transaksi menggunakan aplikasi Yaummi Mobile yakni kemudahan, kepercayaan, kenyamanan, dan risiko. Selain itu aplikasi Yaummi Mobile ini juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan nasabah di KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah cabang Kuniran, hal ini karena dengan hadirnya aplikasi ini transaksi akan terasa lebih mudah. Dalam penggunaan aplikasi ini juga terdapat hambatan atau kendala yang dialami seperti jaringannya yang kurang kuat, kehabisan paket data atau kuota, tidak adanya saldo, tidak bisa digunakan untuk tarik tunai dan biaya transfer ke lain bank sangat mahal. Solusinya yaitu dengan mencari tempat lain yang memungkinkan adanya jaringan internet yang bagus dan juga memilih SIM Card yang memiliki kapasitas jaringan yang stabil, mengisi ulang paket data atau kuota sebelum menggunakan aplikasinya agar tidak kehabisan kuota ditengah-ditengah transaksi, melakukan pengisian saldo terlebih dahulu sebelum bertransaksi menggunakan aplikasi Yaummi Mobile agar transaksinya berjalan dengan lancar, dalam hal tarik tunai peneliti berharap agar pihak bank mengupgrade fitur aplikasi Yaummi Mobile dengan menambahkan fitur tarik tunai agar memudahkan penggunanya dalam pengambilan dana dan biaya transfernya seharusnya dikurangi agar nasabah semakin berminat menggunakan aplikasi Yaummi Mobile.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHana, Kharis FadlullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Faktor yang Mempengaruhi Nasabah, Transaksi, Yaummi Mobile
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 06:34
Last Modified: 22 Oct 2023 06:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11306

Actions (login required)

View Item View Item