The Representation of ICT Competencies in the Textbook “Active English” for the Tenth Grade Senior High School: Published by Intan Pariwara

Shevira, Nadya Riezke (2023) The Representation of ICT Competencies in the Textbook “Active English” for the Tenth Grade Senior High School: Published by Intan Pariwara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRACT.pdf

Download (493kB)
[img] Text
03. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (436kB)
[img] Text
04. CHAPTER I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
05. CHAPTER II.pdf

Download (640kB)
[img] Text
06. CHAPTER III.pdf

Download (432kB)
[img] Text
07. CHAPTER IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
08. CHAPTER V.pdf

Download (416kB)
[img] Text
09. REFERENCES.pdf

Download (435kB)

Abstract

Buku teks “Active English” yang diperuntukkan kelas 10 SMA ini diterbitkan oleh Intan Pariwara mengandung konten TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) adalah alasan penulis tertarik untuk menelitinya. Selain itu, penulis juga mempunyai tujuan untuk memberikan referensi kepada para pendidik untuk menggunakan buku ajar ini sebagai bahan ajar yang inovatif dan kreatif dalam rangka menarik minat siswa untuk belajar Bahasa Inggris. Metode kualitatif digunakan pada metode penelitian ini yang terdiri dari instrumen analisis konten, wawancara, dan observasi. Penulis menganalisis komptensi TIK dalam buku teks tersebut menggunakan teori dengan empat klasifikasi kompetensi TIK dari UNESCO ICT CFT (Competency Framework for Teachers) Versi 3 2018 dan hasilnya sebagai berikut: Sumber Belajar Terbuka 58%, Jejaring sosial 19%, Teknologi seluler 17%, dan Internet 6% Penulis juga mengeksplorasi bagaimana kompetensi TIK dalam buku teks tersebut direpresentasikan pada pembelajaran Bahasa Inggris. Pada kesempatan ini, penulis melakukan wawancara dan observasi di sebuah sekolah menengah atas (SMA) di Indonesia, khususnya kelas 10 yang mata pelajaran Bahasa Inggrisnya diampu oleh EWW yang mana juga telah menggunakan buku tersebut selama kurun waktu satu semester dan beliau berpendapat bahwa buku tersebut sangat efektif karena dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar Bahasa Inggris melalui pengintegrasian teknologi ke pembelajaran. Disamping itu, respon dari siswanya juga sangat positif dan mendukung mengenai hal ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNikmah, AlfuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ICT competencies, learning, representation
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:52
Last Modified: 25 Oct 2023 01:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11392

Actions (login required)

View Item View Item