Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Aplikasi Mobile Banking Bank Syariah di Kudus

Lailissani, Noor Risma (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Aplikasi Mobile Banking Bank Syariah di Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (428kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)

Abstract

Di Indonesia saat ini teknologi berkembang begitu pesat. Pesatnya perkembangan teknologi berpengaruh terhadap semua lapisan. Tidak hanya mempengaruhi masyarakat akan tetapi juga berpengaruh terhadap perusahaan-perusahaan. Sekarang ini banyak perusahaan yang mengembangkan kinerjanya dalam sistem teknologi informasi. Hal inilah yang membuat perbankan melakukan inovasi terhadap jasa layanannya. Pada awal berdirinya bank syariah hingga saat ini banyak nasabah bank syariah yang melakukan bentuk transaksi dengan cara manual. Akibatnya terjadi antrian panjang di bank syariah. Untuk itu bank syariah melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan kepada nasabahnya khususnya dalam proses transaksi. Inovasi tersebut adalah adanya Mobile banking Bank Syariah. Dalam penggunaan Mobile banking ada beberapa faktor-faktor umum yang mempengaruhi yaitu kemudahan dalam penggunaan manfaat, kepercayaan dan kemampuan akses layanan. Dapat diketahui bahwa layanan Mobile banking ini memberikan banyak manfaat bagi nasabah. Dengan demikian harusnya nasabah banyak yang menggunakan layanan tersebut. Namun, kenyataan yang terjadi masih banyak dijumpai nasabah yang tidak menggunakan layanan Mobile Banking. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan deskripsi, penjelasan, dan juga validasi mengenai fenomena yang tengah diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi minat penggunaan mobile banking adalah faktor keamanan, faktor kewajiban, faktor kemudahan, faktor jarak, rekomendasi kampus, kebutuhan pekerjaan dan faktor lingkungan. Sedangkan untuk upaya peningkatan penggunaan mobile banking bank syariah di Kudus ada empat upaya yaitu dengan sosialisasi, memberikan gift, mewajibkan penggunaan mobile banking dan menambah fitur baru. Kemudian faktor yang paling utama mempengaruhi adalah faktor keamanan. Sedangkan upaya yang dirasa cukup ampuh untuk meningkatkan penggunaan mobile banking adalah dengan sosialisasi dan memberikan gift kepada nasabah pengguna baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHana, Kharis FadlullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mobile Banking, Minat Nasabah, Perbankan Syariah
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Nov 2023 09:06
Last Modified: 01 Nov 2023 09:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11424

Actions (login required)

View Item View Item