Huda, Khoirul (2023) مهارة القراءة وتعليمها في ضوء فكرة عبد الرحمن إبراهيم الفوزان. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
Cover.pdf Download (746kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (195kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (211kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (294kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (585kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (330kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (562kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (217kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (303kB) |
Abstract
Pembelajaran keterampilan membaca akan terlaksana dengan baik manakala guru menunjang kompetensi dirinya melalui telaah atas teori yang telah dijelaskan oleh para tokoh yang konsen di bidangnya, diantaranya Abdurrahman Ibrahim al Fauzan. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran Abdurrahman Ibrahim al Fauzan dalam bidang pendidikan bahasa Arab (2) mengetahui pemikiran Abdurrahman Ibrahim al Fauzan tentang keterampilan membaca dan pembelajarannya dalam bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber pustaka untuk memeroleh data penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analsis isi untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa: (A) Pendapat al Fauzan tentang keterampilan membaca, tingkatannya, dan macam-macamnya (1) Membaca adalah salah satu media dalam memperoleh pengetahuan dan informasi. Membaca merupakan proses mengubah simbol yang tertulis menjadi makna dan gagasan yang ditunjukkan oleh ucapan. Membaca memiliki aspek penting yang melekat pada proses membaca, yaitu pemahaman. Pemahaman adalah poin penting yang harus diperhatikan pada aktivitas membaca, dimana pembaca memahami apa yang ia baca dengan benar. Karena membaca berarti pembaca mengerti isi konten yang dia baca. (2) Membaca memiliki dua tingkat; Tingkat Aliy (mengeja), Tingkat Aqly (memahami). Level Aliy adalah level yang mencakup identifikasi kata -kata. Adapun tingkat Aqly, tingkat yang mencakup memahami makna dan interpretasi kata-kata (3) Macam membaca terbagi menjadi empat; Pertama, membaca diam dan membaca keras sebagai alat untuk membaca. Kedua membaca intensif dan membaca Ekstensif sebagai sarana untuk memhamai teks dengan benar. Maka guru harus bisa membedakan antara macam-macam keterampilan membaca tersebut (B) Pendapat al Fauzan mengenai pembelajaran keterampilan membaca, tujuannya, dan penilainnya (1) Pembelajaran bahasa Arab perspektif al Fauzan adalah pembelajran fungsional, dimana pembelajar menggunakan bahasa, seperti berkomunikasi antar individu dan masyarakat, dan menerima atau memproduksi simbol bahasa secara lisan atau tertulis. Pembelajaran membaca intensif dan ekstensif diperuntukkan bagi siswa pada tingkat menengah yang bertujuan meningkatkan pemahaman siswa pada makna teks (2) Tujuan pembelajaran keterampilan membaca ialah memahami teks secara komprehensif, bukan mengeja kata. (3) Penilaian yang digunakan al Fauzan adalah latihan memahami makna dalam suatu teks, disamping itu juga menggunakan penilaian formatif yang disajikan setiap akhir pelajaran keterampilan membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Abdurrahman Ibrahim al Fauzan, Keterampilan Membaca, Pembelajaran Membaca | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:08 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:08 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11487 |
Actions (login required)
View Item |