“Strategi Pemasaran dan Kualitas Produk UMKM Sebagai Peningkatan Keunggulan Kompetitif Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Fadila, Maela Toriana (2023) “Strategi Pemasaran dan Kualitas Produk UMKM Sebagai Peningkatan Keunggulan Kompetitif Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (576kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (568kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (653kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran dan kualitas pelayanan produk UMKM di Kedai Kopi Banabarn untuk meningkatkan keunggulan kompetitif pada bisnis usaha sehingga dapat mempertahankan dari banyaknya pesaing yang semakin ketat. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Menggunakan setting penelitian dengan terjun langsung dalam UMKM di Kedai Kopi Banabarn Kudus sebagai data primer dan kemudian diolah dengan data sekunder dari berbagai jurnal, buku dan sumber literasi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan pada UMKM Kedai Kopi Banabarn untuk meningkatkan keunggulan kompetitif dalam perspektif ekonomi Islam dengan menggunakan konsep Segmenting menentukan target kelompok pasar di Kudus, Targeting menentukan produk yang diminatai dari kalangan anak muda seperti mahasiswa, anak sekolah bahkan orang tua dan Positioning menentukan ciri khas melalui kualitas produk, kualitas pelayanan (STP) dan konsep marketing mix yaitu product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi). Sedangkan kualitas pelayanan menggunakan lima dimensi pelayanan yaitu berwujud (tangible), keandalan (Reability), Kehandalan (Responsive), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empathy).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawan, TaufiqurrahmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Produk, UMKM, Keunggulan Kompetitif
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:45
Last Modified: 07 Nov 2023 06:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11496

Actions (login required)

View Item View Item