Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Sinta, Selvina Dima (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Manusia. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (483kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (444kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (995kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-modul berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan self regulated learning siswa pada materi sistem kekebalan tubuh manusia, (2) mengetahui penerapan e-modul berbasis PBL untuk meningkatkan self regulated learning siswa pada materi sistem kekebalan tubuh manusia, (3) mengetahui pengaruh e-modul berbasis PBL untuk meningkatkan self regulated learning siswa pada materi sistem kekebalan tubuh manusia. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model 4D yakni: define, desingn, develop, dan disseminate. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa e-modul berbasis PBL untuk meningkatkan self regulated learning siswa pada materi sistem kekebalan tubuh manusia. Uji coba produk meliputi uji coba skala kecil pada siswa kelas XII IPA 5 SMA N 1 Welahan dan uji coba skala besar pada siswa kelas XI IPA 4 SMA N 1 Welahan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validasi produk, angket respon siswa terhadap e-modul berbasis PBL, angket respon pembelajaran, dan angket self regulated learning siswa. Kelayakan e-modul berbasis PBL dilihat dari ratarata perolehan skor persentase oleh validator ahli dan uji coba skala kecil kepada siswa. Penerapan e-modul berbasis PBL dilihat dari hasil rata-rata perolehan skor pada angket respon pembelajaran. Pengaruh e-modul berbasis PBL terhadap self regulated learning siswa diketahui berdasarkan perolehan angket self regulated learning siswa awal dan akhir. Teknik analisis data untuk mengukur pengaruh emodul terhadap self regulated learning siswa menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-modul berbasis problem based learning untuk meningkatkan self regulated learning siswa pada materi sistem kekebalan tubuh manusia layak digunakan dengan hasil skor persentase validasi ahli sebanyak 83% dengan kategori “Valid” dan uji kepada siswa diperoleh persentase sebanyak 85% dengan kategori “Sangat Layak”. (2) penerapan e-modul berbasis PBL memperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 79,57% dengan kategori “Baik”. (3) terdapat pengaruh e-modul berbasis PBL terhadap self regulated learning siswa berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (7,802 > 2,035) dengan nilai signifikansi 0,000 yang artinya lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsyhari, AndiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Problem Based Learning, Self regulated Learning Siswa, Sistem Kekebalan Tubuh Manusia, Pengaruh, Penelitian dan Pengembangan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:45
Last Modified: 16 Nov 2023 01:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11554

Actions (login required)

View Item View Item