Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Anggota BMT Yaummi Maziyah Assa’adah Cabang Jekulo Kudus (Tahun 2020 – 2023)

Hariroh, Munihatul (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Anggota BMT Yaummi Maziyah Assa’adah Cabang Jekulo Kudus (Tahun 2020 – 2023). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (596kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (752kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (619kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (705kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (376kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)

Abstract

Di era globalisasi saat ini semakin canggih yang mengharuskan perbankan terutama KPPS/BMT menciptakan inovasi pada produk maupun jasa yang belum dimiliki oleh perusahaan lain. Hal tersebut dilakukan agar bisa mempertahankan anggota dalam menghadapi persaingan yang ketat. Maka dari itu, dibutuhkan strategi dengan meningkatkan kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi. Dengan begitu, anggota akan memberikan kesetiaan (loyalitas) pada suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi terhadap loyalitas anggota BMT Yaummi Maziyah Assa’adah Cabang Jekulo Kudus (Tahun 2020 – 2023). Jenis penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota BMT Yaummi Maziyah Assa’adah Cabang Jekulo Kudus (Tahun 2020 – 2023). Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dengan jumlah 96 responden. Metode analisis data yang digunakan antara lain: analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji T, uji F, dan koefisien determinasi yang diolah menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam uji parsial seluruh variabel bebas yakni kualitas pelayanan (X1), promosi (X2), dan lokasi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota (Y) dengan nilai thitung > ttabel serta nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan (X1) memiliki thitung 4,513 > ttabel 1,986 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Promosi (X2) memiliki thitung 3,894 > ttabel 1,986 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Lokasi (X3) memiliki thitung 9,388 > ttabel 1,986 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan secara simultan, variabel bebas berpengaruh simultan terhadap variabel terikat dengan nilai Fhitung senilai 266,724 > Ftabel 2,70 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga, simpulan dari penelitian yaitu seluruh variabel independent berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Semakin tinggi kualitas yang diberikan BMT atas pelayanan, promosi, dan lokasi maka semakin meningkat juga loyalitas anggota yang diperoleh oleh BMT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAristoni, AristoniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Promosi, Lokasi, Loyalitas Anggota
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Dec 2023 08:32
Last Modified: 02 Dec 2023 08:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11640

Actions (login required)

View Item View Item