Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus

Septianingrum, Lilis (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (956kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (862kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (528kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (433kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (379kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)

Abstract

Manusia dianugerahi banyak kecerdasan (multiple intelegent), dimana potensi kecerdasan seseorang berbeda. Semua kecerdasan dapat dieksplorasi, ditumbuhkan dan dikembangkan secara optimal. Salah satunya yaitu kecerdasan emosional yang merupakan kemampuan untuk mengenali perasaan kita sendiri dan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan hubungan dengan orang lain. Salah satu cara meningkatkan kecerdasan emosional ialah dengan menerapkan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik modeling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan sejauh mana efektivitas konseling kelompok dengan teknik modeling dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen. Adapun desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus yakni pada kelas VIII B. Sementara sampel terdiri dari 24 peserta didik yang diambil secara random menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yang berupa kuisioner/angket. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik non parametric wilcoxon berbantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kecerdasan emosional dengan adanya konseling kelompok menggunakan teknik modeling pada siswa kelas VIII B MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus. Diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest, yaitu dibuktikan dari uji non parametric wilcoxon diperoleh Asymp.Sig. (2-tailed) 0,000, sedangkan nilai α adalah 0, 05. Dapat dinyatakan bahwa 0, 000 < 0, 005 artinya, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan hasil rata-rata yang dihasilkan sebelum dilaksanakan treatment adalah 58 dan setelah dilaksanakan treatment adalah 89 dan nilai gain (selisih pretest dan post-test) sebesar 31. Dari pernyataan tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan konseling kelompok dengan teknik modeling dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus dapat dikatakan efektif dan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlyani, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Modeling, Kecerdasan Emosional.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:02
Last Modified: 21 Dec 2023 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11733

Actions (login required)

View Item View Item