Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Berbasis Etnomatematika Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang

Risalatulfala, Risalatulfala (2023) Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Berbasis Etnomatematika Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (828kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (659kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diberikan model CTL berbasis etnomatematika berbantuan media flashcard lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa diberikan model langsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Adapun desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus yakni pada kelas VIII. Sementara sampel terdiri dari dua kelas yang diambil secara random menggunakan teknik simple random sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas VIII B terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A terdiri dari 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal uraian. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik parametrik independent sample t-test berbantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif pada penerapan model CTL berbasis etnomatematika berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VIII MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus. Diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil tes belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu dibuktikan dari uji independent sample t-test diperoleh nilai t_hitung=5,911> t_tabel=1,670 sehingga keputuasan H_0 ditolak. Akibatnya, siswa di kelas eksperimen yang dikenai model CTL berbasis etnomatematika berbantuan media flashcard memiliki skor hasil belajar yang lebih baik daripada kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa, penerapan model CTL berbasis etnomatematika berbantuan media flashcard yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Dengan kata lain, hasil belajar siswa yang dikenai model CTL berbasis etnomatematika berbantuan media flashcard lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dikenai model langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaharani, RizqonaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Etnomatematika, Media Flashcard, dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:42
Last Modified: 31 Jul 2024 04:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11893

Actions (login required)

View Item View Item