Pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan Adversity Quotient (AQ) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Aprilia, Indah (2023) Pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan Adversity Quotient (AQ) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (828kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (639kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (376kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (599kB)

Abstract

Matematika tentunya tidak terlepas dari adanya tugas maupun soal-soal latihan yang harus di cari solusinya. Setiap soal pasti memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Berdasarkan teori bloom, ranah kognitif terdapat enam level yakni CI (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi) dan C6 (menciptakan). Respon siswa yang berbeda-beda ketika dihadapkan dengan persoalan matematika pada salah satu MTs di Pati merupakan landasan dalam penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa serta untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Adversity Quotient (AQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) dengan jenis pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan metode survey dan tes. Metode survey berupa angket (kuesioner) yang terdiri dari angket Emotional Quotient (EQ) dan Adversity Quotient (AQ) sedangkan metode tes untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa pada materi segi empat. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa–siswi kelas VII MTs Shirathul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati yaitu kelas VII A dan VII B. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode analisis PLS–SEM (Partial Least Square – Structural Equation modeling) berbantuan aplikasi SmartPls 4. PLS-SEM ini merupakan salah satu jenis dari SEM yang berbasis varians/ variance atau component based SEM (VB-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji hipotesis pertama menunjukkan: (1) Nilai T-Statistics 3,891 > 1,96 dan P-Values 0,000 < 0,05 yang menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan Emotional Quotient (EQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Sedangkan untuk uji hipotesis kedua menunjukkan: (2) Nilai T-Statistics 4,522 > 1,96 dan P-Values 0,000 < 0,05 yang menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan Adversity Quotient (AQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasrukhin, MasrukhinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Emotional Quotient (EQ), Adversity Quotient (AQ), Prestasi belajar matematika, PLS – SEM (Partial Least Square – Structural Equation modeling)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:50
Last Modified: 03 Sep 2024 04:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12011

Actions (login required)

View Item View Item