Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII

Fathimatuzzahro, Nabila (2023) Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (628kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (673kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (899kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (827kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (744kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (746kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif matematis yang di ajar menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis Think Pair Share dengan Pendekatan Open Ended lebih baik daripada hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen) dengan bentuk nonequivalent control group design. Pada penelitian ini, sampel dipilih secara random dan diperoleh kelas VII D sebanyak 40 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebanyak 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes tertulis. Hasil analisis uji independents t-test diperoleh simpulan 1) hasil belajar kognitif yang menggunakan model Think Pair Share dengan pendekatan Open Ended lebih baik daripada hasil belajar kognitif yang menggunakan model ekspositori, dengan dibuktikan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,030 < 0,05, t_hitung = 2,214 > t_tabel = 1,99085,serta nilai rata-rata tes yang diperoleh kelas kontrol (76,70) sedangkan kelas eksperimen (80,88). 2) Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang menggunakan model Think Pair Share dengan pendekatan Open Ended lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model ekspositori, dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05, t_hitung = 3,068 > t_tabel = 1,99085, serta nilai rata-rata kelas kontrol 76,00 sedangkan kelas eksperimen 81,15. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair Share dengan Pendekatan Open Ended lebih baik daripada hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif matematis yang menggunakan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share, Pendekatan Open Ended, Hasil Belajar Kognitif, dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematsis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:41
Last Modified: 26 Sep 2024 02:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12107

Actions (login required)

View Item View Item