Implementasi Pembelajaran PAKEM melalui Senam Gemari untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Kasar di TK Pamardi Siwi III Karang Rejo Dempet Demak

Khoiriyah, Lina Nur (2023) Implementasi Pembelajaran PAKEM melalui Senam Gemari untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Kasar di TK Pamardi Siwi III Karang Rejo Dempet Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (82kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (209kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (109kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (266kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Bagaimanakah Implementasi Pembelajaran PAKEM melalui Senam Gemari untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Kasar di TK Pamardi Siwi III Karang Rejo Dempet Demak, Mengetahui Apa saja kendala dalam implementasi pembelajaran PAKEM melalui senam gemari untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik kasar di TK Pamardi Siwi III Karang Rejo Dempet Demak dan Mengetahui Apa solusi dalam menghadapi kendala implementasi pembelajaran PAKEM melalui senam gemari untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik kasar di TK Pamardi Siwi III Karangrejo Dempet Demak. Penelitian ini memggunakan pendekatan kualitatif dan jenis analisis data Field Research. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data mengggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini menemukan hasil antara lain: (1) Implementasi pembelajaran PAKEM melalui senam gemari untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik kasar di TK Pamardi siwi III dikaratakn berhasil karena sesuai dengan perkiraan peneliti, hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatkan hasil observasi sebanyak 5.57%. hasil observasi pembelajaran berbasis PAKEM, pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan mampu berjalan sesuai dengan harapan peneliti, hal tersebut dapat dibuktikan dengan observasi bahwa Aktif (guru meningkatkan keaktifan anak), Kreatif (Guru memberikan pembelajaran yang kreatif), Efektif (Guru memberikan implementasi senam GEMARI hanya 25 menit), Menyenangkan (anak mampu meningkatkan hasil kemampuan motoric kasarnya dan menilai pembelajaran yang diikutinya menyenangkan). (2) Kendala dalam implementasi pembelajaran PAKEM melalui senam gemari untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik kasar di TK Pamardi Siwi III Karangrejo Dempet Demak ini adalah anak itu sendiri, orang tua, keluarga dan guru dalam mengolah kelas. (3) Solusi yang harus dilakukan menanggapi adanya kendala adalah: memberikan pelatihan-pelatihan khusus kepada siswa dalam hal motoric kasar, memberikan pengarahan kepada orang tua tentang parenting positif serta melakukan pengawasan, pelatihan-pelatihan kepada guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilowati, RetnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAKEM, Senam GEMARI, Perkembangan Fisik Motorik Kasar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Sep 2024 01:47
Last Modified: 30 Sep 2024 01:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12143

Actions (login required)

View Item View Item