فعالية وسيلة رواية القصص الرقمية لترقية مهارة الاستماع لدى الطلاب في الفصل الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الإرشاد غاجة دماك للسنة الدراسية ٢۰٢٢/٢۰٢۳ م

Sulha, Dina Aulia (2023) فعالية وسيلة رواية القصص الرقمية لترقية مهارة الاستماع لدى الطلاب في الفصل الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الإرشاد غاجة دماك للسنة الدراسية ٢۰٢٢/٢۰٢۳ م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (843kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (742kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (752kB)

Abstract

Pembelajaran menyimak memiliki peran penting dalam komunikasi karena menyimak adalah proses untuk mendapatkan informasi dan memahami bahasa. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menyimak belum berjalan optimal. Kurang maksimalnya penggunaan alat bantu pengajaran, rendahnya minat dan keseriusan siswa menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran menyimak. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa sebelum menggunakan media digital storytelling, 2) untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa sesudah menggunakan media digital storytelling, 3) untuk mengetahui efektivitas media digital storytelling dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa Kelas XI MA Al Irsyad Gajah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan quasi-experimental design. Sampel pada penelitian ini adalah 62 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan dikategorikan menjadi dua kelas; kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes. Adapun teknik analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan menyimak siswa sebelum menggunakan media digital storytelling dapat diketahui dari hasil pre-tes. Di kelas kontrol, nilai pre-tes tertinggi yaitu 80, nilai terendah yaitu 53 dan rata-rata adalah 68,25, ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “cukup”, sedangkan di kelas eksperimen, nilai pre-tes tertinggi yaitu 80, nilai terendah yaitu 40 dan rata-rata adalah 65,95, ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “cukup”. (2) kemampuan menyimak siswa sesudah menggunakan media digital storytelling dapat diketahui dari hasil post-tes. Di kelas kontrol, nilai post-tes tertinggi yaitu 93, nilai terendah yaitu 60 dan rata-rata adalah 73,83, ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “cukup”, sedangkan di kelas eksperimen, nilai post-tes tertinggi yaitu 100, nilai terendah yaitu 67 dan rata-rata adalah 84,77, ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “baik”. (3) Kemampuan menyimak siswa kelas eksperimen meningkat dan lebih besar dari kelas kontrol. Selain itu, uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dan rata-rata N-gain adalah 58,80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media digital storytelling efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadi, MiftahulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Digital Storytelling, Menyimak, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:08
Last Modified: 02 Oct 2024 02:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12169

Actions (login required)

View Item View Item