Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Division) terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII pada MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati

Fajriyah, Sifrotul (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Division) terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII pada MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII pada MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division) lebih baik daripada prestasi belajar yang menggunakan model ekspositori metode ceramah. Mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII pada MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division) lebih baik daripada prestasi belajar yang menggunakan model ekspositori metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, berjumlah 80 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas instrumen, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII pada MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division) lebih baik daripada prestasi belajar yang menggunakan model ekspositori. 2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII pada MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division) lebih baik daripada prestasi belajar yang menggunakan model ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Belajar, Kemampuan Berpikir
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:48
Last Modified: 10 Oct 2024 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12296

Actions (login required)

View Item View Item