Ramadhani, Desy Fitria (2023) Analisis Pesan Dakwah Pada Media Sosial Instagram Dalam Akun@H.Ahsana. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (374kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (493kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (362kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (786kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (319kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
Abstract
Dakwah merupakan proses mengubah sifat seseorang secara perlahan untuk kembali ke jalan yang benar dengan menyampaikan ayat ayat dan dalil Allah. Dakwah tidak hanya disampaikan oleh para kyai atau tokoh agama tetapi dakwah juga bisa dilaksanakan oleh seorang muslim tanpa harus berada di atas panggung atau mimbar tapi dakwah bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja. Namun tidak semua hal yang ada di media dapat dikatakan sebagai dakwah Karena dakwah harus bersifat ajakan atau seruan, mempengaruhi dalam melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran bagi umat manusia. Dizaman perkembangan teknologi yang pesat ini maka mempermudah bagi para da’I untuk berdakwah melaui berbagai media sosial salah satunya media sosial Instagram. Hal tersebut menjadi peluang dakwah dalam menyampaikan ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui tentang analisis isi pesan dakwah pada media sosial Instagram dalam akun @h.ahsana. Metode yang dipakai dalam penelitian yang berjudul Analisis Pesan Dakwah Pada Media Sosial Instagram dalam Akun @H.Ahsana memakai metode analisis kualitatif dalam melakukan sebuah penelitian. Pendekatan Kualitatif Deskriptif hermenutika gadamer dimana pendekatan kualitatif deskriptif merupakan metode untuk memecahkan masalah yang ada berdasarkan data data yang berkaitan dengan perilaku manusia dengan observasi, wawancara dan dokumenstasi serta memberikan gambaran lengkap tentang subjek dalam menginterprestasikan dalam kehidupan sehari hari. Sedangkan hermeneutika gadamer berfokus pada pengkajian suatu fenomena tertentu dengan memakai beberapa variable antara lain aplikasi, sejarah dan dialog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah melalui media sosial Instagram dalam akun @h.ahsana mencakup tiga pesan dakwah Aqidah, Syariah, Akhlaq mengandung ajakan untuk berbuat kebaikan . Adapun pesan aqidah yaitu : naik turunya iman, amar ma’ruf nahi mungkar. Pesan dakwah syariah meliputi: cinta beda agama, apa yang harus kita lakukan sebagai seorang muslim. Pesan dakwah aqidah meliputi: berfikir sebelum berbicara, kontrol emosi,dan malunya perempuan, kedua strategi unggahan konten dalam akun Instagram dengan diberikan ke anak anak, remaja dan dewasa yang benar benar ingin berubah menjadi lebih baik, memakai referensi dalam berdakwah dari guru, dosen, buku dan internet kemudian dikemas dalam video yang lebih menarik dan mudah dipahami. Ketiga, respon followers terkait dengan adanya konten dakwah dari video unggahan akun Instagram @h.ahsana ini mendapat respond yang baik dari para netizen dan followers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis pesan dakwah, Instagram, Vidio dakwah | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2024 03:47 | ||||||
Last Modified: | 25 Oct 2024 03:47 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12419 |
Actions (login required)
View Item |